Pengertian Alamat URL Beserta Contoh dan Fungsinya

January 08, 2018

#1. Mengenal URL



URL (Uniform Resource Locator) merupakan sebuah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber dokumen dan gambar di internet. URL menunjukkan sumber daya internet atau alamat sebuah halaman web (homepage). Dalam kehidupan sehari-hari, URL dapat kita bayangkan sebagai alamat toko, alamat swalayan, atau alamat sekolah. Tanpa mengetahui alamat yang jelas, maka kita akan sulit menemukan tempat yang dituju. Hal ini berlaku juga dengan WWW (World Wide Web). Jika sobat tidak mengetahui URL yang tepat dari suatu situs, maka sobat tidak dapat mengunjungi dan melihat informasi yang ada di dalamnya.

Pengertian URL


Secara umum, susunan URL terdiri atas 3 (tiga) bagian sebagai berikut:

a. Protocol
Bagian pertama URL yang menunjukkan jenis Protocol yang digunakan, misalnya http:// atau https://. Protocol merupakan persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

b. Alamat Server
Bagian kedua URL yang menunjukkan alamat server di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.gopensil.com digunakan untuk melihat website Go Pensil (adalah weblog ini).

c. Patch File
Bagian ketiga URL yang menunjukkan lokasi dan nama dokumen atau program dalam server tersebut, misalnya "search/label/gopensil.html" dimana "search/label" merupakan sebuah lokasi file dan "gopensil.html" adalah nama berkas.
Selain mengenal URL, kita perlu mengetahui DNS (Domain Name System). DNS merupakan sistem pemberian alamat yang digunakan dalam internet. Sistem penamaan alamat website pada sebuah halaman web tertentu perlu dipahami untuk Mempermudah kita dalam mengakses website tersebut. Berikut beberapa domain atau sistem penamaan yang digunakan secara umum di internet:

  • .com, Domain yang digunakan untuk organisasi komersial atau perusahaan.
  • .org, Domain yang gunakan untuk organisasi non-profit.
  • .mil, Domain yang digunakan untuk organisasi kemiliteran.
  • .net, Domain yang digunakan untuk penyedia jasa internet.
  • .edu, Domain yang digunakan dalam bidang pendidikan.
  • .gov, Domain yang digunakan dalam pemerintahan.


Adapun domain yang digunakan secara khusus dalam wilayah teritorial negara Indonesia adalah sebagai berikut :

  • .id, adalah sebuah domain yang digunakan secara pribadi maupun umum.
  • .co.id, domain yang digunakan untuk organisasi komersial atau perusahaan dalam negeri.
  • .ac.id, domain yang digunakan dalam bidang akademik atau sebuah universitas.
  • .go.id, domain yang digunakan dalam sebuah organisasi pemerintahan.
  • .web.id, domain yang digunakan untuk umum.
  • .my.id, domain yang digunakan untuk umum maupun pribadi.
  • .net.id, sebuah domain yang digunakan untuk provider internet.
  • .sch.id, domain yang digunakan untuk sekolah.


#2. Browsing Menggunakan Alamat URL

Browsing atau dapat juga disebut dengan surfing dalam bahasa Indonesia memiliki arti menjelajah, menelusuri atau mencari (searching). Dari pengelompokan arti tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa definisi Browsing adalah suatu aktivitas menjelajahi dunia internet dengan menggunakan sebuah perangkat lunak yang berbasis Hypertext untuk mencari sebuah informasi misalnya, seperti mencari sebuah berita, gambar, mencari buku, game ataupun yang lainnya.

Pengertian URL


Kata browsing tidak dapat dipisahkan dengan web browser, karena sobat tidak akan dapat menjelajahi Internet tanpa menggunakan sebuah software web browser. Apabila sobat ingin browsing di internet, maka terlebih dahulu sobat harus memiliki sebuah alamat URL. Alamat URL adalah alamat yang diketikka  pada address bar dalam perangkat lunak (aplikasi) web Browser untuk membuka sebuah situs web yang sobat inginkan.

Nah berikut ini adalah langkah-langkah browsing menggunakan alamat URL:

Buka software web browser yang sobat miliki Misalnya (Mozilla, Google Chrome, Opera Mini, Safari, dll).
Apabila sobat ingin mengunjungi salah satu situs, maka pada addres bar tulislah alamat URL yang akan diakses, misalnya www.gopensil.com [Namun sekarang untuk mencari sebuah informasi sobat hanya perlu mengetikkan google.com/google.co.id sudah bisa menemukan apa yang sobat cari di Google].
Kemudian tekan Enter hingga kemudian halaman web situs yang sobat cari muncul.

#3. Hyperlink

pengertian hyperlink

Hyperlink merupakan elemen navigasi yang paling dasar pada sebuah web browser. Link merupakan suatu teks yang akan membawa sobat ke halaman web lain atau ke tempat lain dalam halaman 1 website, ketika sobat mengklik link tersebut maka akan otomatis berpindah sesuai tujuan dari link tersebut. Link dapat berupa, Teks, gambar atau tombol bahkan animasi, juga  banner iklan yang mengandung link.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments