Friday, January 12, 2018

Review Buku Hearty Service (Service Itu di Sini) Agni S Mayangsari


Penulis : Agni S. Mayangsari 
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Co-Writer: Sofie Beatrix
Web : http://www.heartyservice.com


Slogan seperti “Melayani dari Hati”, ‘Melayani dengan Setulus Hati’, “Melayani Sepenuh hati’ atau semacamnya sudah tak asing lagi bagi kita. Beberapa perusahaan penyedia jasa pelayanan telah jamak yang menggunakan slogan ini. Beberapa juga menggunakan slogannya dalam bahasa Inggris seperti ‘Service from the Heart’ atau ‘Service by the Heart’. Semuanya bertujuan sama, menunjukkan pada para customernya bahwa para karyawan perusahaan tersebut akan siap memberikan pelayanan terbaiknya setulus hati.

Namun kenyataannya, masih banyak customer yang dikecewakan atau dibuat jengkel oleh karyawan di perusahaan yang memiliki slogan yang apik tersebut. Tak jarang komplain bertebaran baik di media massa maupun media sosial yang mengeluhkan cara pelayanan para karyawan. Pertanyaannya kini adalah, hati yang bagaimana yang digunakan untuk melayani pelanggan sehingga mereka masih bisa kecewa?

Baca Juga Fungsi dan Peranan Pers dalam Masyarakat Demokrasi Indonesia


Memang kita tak bisa menyenangkan semua orang. We can not please everyone. Namun jika yang tak bahagia dan kecewa karena pelayanan di perusahaan kita bukan hanya satu-dua, ini saatnya mëlihat diri sendiri. Hati yang bagaimana yang kita gunakan untuk melayani, kok ketulusannya masih sering mengecewakan.

Namun sebelumnya, tahukah Anda bahwa kata “hati” yang banyak digunakan oleh kita, orang Indonesia, sesungguhnya tidak mengacu pada “hati” secara fisik yang disebut dalam bahasa medis sebagai “Liver”. Kata “hati” yang kita gunakan selama ini sesungguhnya lebih mengacu pada ‘Jantung’. Berikut beberapa bukti penguatnya:

Saat kita mengucapkan misalnya “dari lubuk hatiku yang paling dalam…” atau “Aku mencintaimu sepenuh hatiku..”, bagaimanakah biasanya bahasa tubuh kita? Dimanakah kita biasa meletakkan tangan kita saat mengatakan kalimat seperti itu? Apakah kita menunjukkan hand gesture yang mengarah pada letak atau posisi hati (liver)? Ataukah kita menunjukkan hand gesture di sekitar area dada, yaitu area dimana jantung kita berada?

Kini tahukah Anda maksud saya? Bahwa sebenarnya yang kita maksud dengan ‘hati’ selama ini adalah ‘heart’ yang terjemahan aslinya adalah ‘jantung’. Maka, Hearty Service yang dimaknai sebagai pelayanan dengan setulus hati, sebenarnya mengaitkan pelayanan dengan organ tubuh kita yang bernama ‘jantung’. Setelah ini, setiap tulisan saya yang berbunyi ‘hati’, Anda tahu bahwa yang saya maksud dengan ‘hati’ adalah ‘heart’ atau ‘jantung’.

Kembali pada hal “melayani dari hati’, tahukan Anda bahwa tidak sembarang hati yang bisa melayani dengan baik. Ternyata hanya Green heart saja yang bisa memberikan pelayanan terbaiknya. Ingin tahu seperti apa Green Heart itu? Nantikan tulisan saya berikutnya.

sumber artikel : http://www.jamilazzaini.com

Artikel Terkait

Review Buku Hearty Service (Service Itu di Sini) Agni S Mayangsari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email