Sejarah dan Prinsip Jaringan Komputer Secara Lengkap

Sejarah dan Prinsip Jaringan Komputer - Jaringan komputer bermula dari ide untuk menghubungkan beberapa komputer lengkap dengan sistem operasi untuk mempermudah pekerjaan. Proyek ini terjadi pada tahun 1940an dan diberi nama dengan Model I, yang dikerjakan di lab Bell yang dimiliki oleh Group Harvard Univercity.

Dalam waktu yang bersamaan juga berkembang model super komputer yang mempunyai bentuk juga fisik yang lebih besar, selain itu juga memiliki kekuatan, kecepatan juga keandalan yang jauh lebih baik. Model tersebut dimanfaatkan untuk melayani banyak terminal yang biasa dikenal dengan sebutan TSS (Time Sharing Systen).

Dikarenakan harganya yang begitu meroket alias mahal, kemudian muncullah konsep terdistribusi yang memberikan tugas pada tiap host yang berguna untuk mengerjakan prosesnya sendiri terhadap jaringan. Setelah era 1970an, muncul pula model transistor yang berevolusi menjadi lebih slim alias ramping juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan kemampuan yang jauh lebih baik dari model-model yang sebelumnya, karena fisik atau bentuk komputer yang lebih kecil maka harganya pun lebih murah.

Selain itu aturan protokol jaringan juga telah mulai diberlakukan, hal tersebut akan memungkinkan terjadinya komunikasi atau koneksi terhadap berbagai jenis platform yang berbeda-beda.

Prinsip Dasar Jaringan Komputer

Komputer pada awalnya dibangun untuk membantu manusia, yang berfungsi sebagai alat hitung. Namun saat ini komputer sudah berkembang pesat menjadi sebuat alat yang serbaguna, hal ini juga dikarenakan komputer telah mampu mengerjakan sesuatu yang dikerjakan oleh manusia. Misalnya seperti perhitungan matematis, kedokteran (medis), dll.

Sebuah komputer yang dapat bekerja sendiri tanpa berkaitan dengan komputer lainnya biasa disebut dengan Stand Alone. Sedangkan sebuah komputer yang pada awalnya bekerja sendiri kemudian dihubungkan atau terhubung melalui media transmisi dengan komputer lainnya agar dapat saling berkomunikasi maka disebut dengan Network (jaringan).

Jaringan komputer ialah beberapa jenis perangkat keras (hardware) atau komputer independen yang dihubungkan melalui media transmisi dengan jalur protokol tertentu sehingga membuatnya dapat saling berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya. Misalnya seperti berkirim pesan atau chatting, saling berkirim email, berbagi data dll.

Prinsip dasar dari sebuah jaringan ialah proses pengiriman data dari pengirim terhadap penerima melalui media komunikasi tertentu. Proses seperti ini sama halnya saat ketika kita mengirim sebuah surat dari kota tempat kita tinggal menuju alamat kota tujuan (diluar kota kita) dengan menggunakan layanan kantor pos.

Tujuan Membangun Sebuah Jaringan Komputer



Tujuan dari dibangunnya sebuah jaringan ialah untuk membawa sebuah informasi dengan cepat tanpa adanya sebuah kesalahan baik dari sisi pengirim (transmitter) terhadap tujuan penerima (receiver) dengan melalui sebuah media komunikasi. Dalam membangun sebuah jaringan komputer memanglah tidak mudah, hal ini dikarenakan beberapa kendala berikut ini :
  1. Fasilitas komunikasi yang mahal
  2. Masih sulit dalam memanfaatkan sebuah jaringan komunikasi yang sudah ada dengan cara yang efektif dan efisien
  3. Jalur komunikasi yang dilewati tidak bisa dijamin sungguh-sungguh bisa terhindar dari berbagai macam gangguan

Manfaat dari Adanya Sebuah Jaringan Komputer

Teknologi yang menerapkan sebuah jaringan komputer yang bertujuan untuk membantu berbagai jenis pekerjaan manusia dalam sebuah kehidupan sehari-hari memiliki banyak sekali manfaatnya, berikut ini adalah beberapa manfaat jaringan komputer:
  • Berbagi informasi dan sumber daya
  • Menyatukan berbagai data yang terpisah oleh jarak dan waktu
  • Dengan adanya sebuah jaringan , maka beberapa pengguna komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan akan dapat melakukan kirim data, baik berupa suara, video, file dan lainnya
  • Dapat melakukan pembagian kerja terhadap beberapa komputer, dengan begitu proses yang dikerjakan tidak terpusat dan beban kerja menjadi lebih ringan.
  • Data yang telah dirubah menjadi sebuah informasi akan dapat diakses dengan sangat mudah
  • Dengan adanya jaringan maka kita akan dapat mengamankan data dengan memberi batasan hak akses pengguna komputer lainnya terhadap data pribadi kita
  • Terjadinya hubungan juga sebuah komunikasi berbagai komputer yang berbeda – beda jenis dan merknya

Sistem Dasar Komunikasi Data

Sistem Komunikasi Satu Arah, Sistem komunikasi satu arah ialah sebuah instrumen yang hanya bisa mengirim atau menerima data dalam satu waktu saja.

Sistem Komunikasi Dua Arah (Half Duplex), Ketika sebuah instrumen mengirim data ke instrumen lainnya, instrumen tersebut tidak dapat menerima data dari instrumen lainnya, hingga proses pengiriman data selesai di lakukan

Sistem Komunikasi Dua Arah (Full Duplex), Sebuah instrumen yang mampu mengirim dan menerima data secara bebarengan.

Penutup

Nah itulah Sejarah dan Prinsip Jaringan Komputer yang secara singkat yang bisa saya jelaskan, tulisan ini saya ambilkan dari buku Modul Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (SMK dan MAK)

Terima kasih, semoga bisa bermanfaat ya sobat 

0 Response to "Sejarah dan Prinsip Jaringan Komputer Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel