Teknik Menulis Untuk Pemula

Go Pensil

Go PensilKetika kita baru belajar atau pemula di dunia blogging, pastinya akan banyak tantangan dan bingung bagaimana harus mengawalinya dan dibingungkan dengan bagaimana cara membuat sebuah artikel dengan konten tulisan yang bagus dan bermutu.

Nah berikut ini adalah beberapa metode penulisan yang dapat kita pelajari. Metode ini akan mempermudah kita yang masih belum terbiasa dalam menulis. Dengan menerapkan metode ini kita pasti akan bisa dengan mudah menulis di dalam sebuah blog. Metode ini menggunakan metode menulis dengan menerapkan struktur Apa, Mengapa  dan Bagaimana. 



Berikut ini adalah beberapa caranya :

Apa, kita perlu mengetahui apa yang akan kita tulis, ketahui topil yang akan kita bahas pada tulisan kita di blog. Misalnya, saya akan menulis tema tentang persahabatan, maka topik yang akan saya bahas atau saya tulis adalah tentang sahabat, Apa yang dimaksud dengan sahabat?.

Mengapa, Kita juga perlu mengetahui apa saja yang akan menjadi alasan mengapa orang-orang atau pengunjung blog perlu membaca dan peduli terhadap tulisan kita. Misalnya, saya ingin menulis tentang Web Programming, maka saya juga harus tau mengapa mereka [pengunjung] harus mengetahui tentang web programming, terutama bagi mereka web designer.
Singkatnya saya harus tahu apa pentingnya web programming bagi mereka [web design].

Bagaimana, Ketika kita telah menjelaskan Apa & Mengapa maka kita juga harus menjelaskan Bagaimana,  Misalnya ketika saya menulis tulisan tentang web programming, apa itu web programming?, dan mengapa mereka perlu mempelajari web programming?. Maka saya juga harus menjelaskan Bagaimana cara melakukan atau mengerjakan project web programming?. Dengan begitu ketika mereka telah selesai membaca tulisan saya tersebut mereka akan menemukan solusinya. Jika kita telah memberikan sebuah solusi bagi permasalahan mereka, tentunya hal ini akan membuat mereka sangat senang.

Dengan menjawab ketiga pertanyaan yang ada diatas Apa, Mengapa & Bagaimana  Maka kita akan sudah bisa membuat sebuah tulisan yang bagus. Mereka akan tahu apa yang dimaksud didalam tulisan yang kita bahas didalam tulisan kita.


Contoh lain misalnya kita ingin menulis tentang sahabat. maka strukturnya adalah seperti berikut ini :

Apa: Apa pengertian sahabat?
Mengapa: Mengapa kita harus mempunyai seorang sahabat yang baik?
Bagaimana: Bagaimana sih kita mengetahui bahwasanya mereka adalah seorang sahabat yang baik?

Pada intinya struktur Apa, Mengapa & Bagaimana ini akan lebih memudahkan kita dalam menulis, dengan tiga hal tersebut kita akan lebih mudah  dalam menyusun sebuah kerangka tulisan. Jika kerangka tulisan tadi sudah jadi, maka kita akan lebih mudah ketika akan menulis.

Struktur Apa, Mengapa & Bagaimana tersebut bisa kita terapkan pada berbagai jenis tulisan, termasuk artikel tentang penjualan atau bisnis. Misalnya Apa produk yang kita jual?, Mengapa mereka harus membeli produk kita?, Bagaimana caranya mereka mendapatkan produk yang kita jual.

Nah semoga artikel ini bisa membantu ya sobat.

3 Responses to "Teknik Menulis Untuk Pemula"

  1. Jadi intinya menggunakan unsur 5W + 1H ya? thanks infonya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebihnya seperti itu lah gan hehe... sama2 gan semoga bermanfaat

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel