CodeIgniter Framwork PHP Paling Cepat

Go Pensil - Code Igniter - Framework
unixstickers

Go Pensil - Assalamu'alaikum sobat Go Pensil, Nah hari ini saya akan membagikan artikel tentang Framework nih, yang sebelumnya Framework Yii Sobat bisa membacanya disini, untuk sekarang saya akan membagikan artikel tentang Framework CodeIgniter, mau tau? silahkan dibaca ya!

Jika pada tulisan terdapat suatu kesalahan silahkan sobat berkomentar ya, untuk saya perbaiki kembali, terima kasih, semoga bermanfaat :)

Codeigniter merupakan sebuah aplikasi gratis yang berupa framework PHP dengan menggunakan model MVC (Model View Controller) yang digunakan untuk membuat website yang dinasmis yang menggunakan PHP. Dengan codeigniter ini akan lebih memudahkan para web developper untuk membuat aplikasi web dengan singkat dan lebih mudah jika dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

MVC Framework CodeIgniter
MVC

Secara sederhana Framework dapat diartikan sebagai kumpulan fungsi-fungsi dan class-class dengan tujuan tertentu yang telah siap digunakan. Sehingga lebih mempermudah dan mempersingkat pekerjaan dari seorang programmer tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal, sehingga lebih menghemat waktu.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan Framework:


  1. Mempersingkat dan lebih memudahkan pembangunan sebuah aplikasi berbasis web
  2. Memudahkan proses maintenance, karna dengan menggunakan framework proses maintenance lebih mudah dengan pola yang telah ada didalam framework tersebut.
  3. menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain: Validasi, ORM, Pagination, Multiple database, Scaffolding, Session Setting, Error Handling dan masih banyak lagi yang lainnya.
  4. Bebas dikembangkan dibandingkan dengan mengembangkan CMS

Model View Controller (MVC)

Adalah suatu konsep yang sangat populer dalam pembangunan sebuah aplikasi yang berbasis web.
Berasal dari bahasa pemrograman Small Talk, MVC ini memisahkan pengembangan apliaksi yang berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti halnya memanipulasi sebuah data, user interface dan juga bagian yang menjadi kontrol aplikasi.

Terdapat 3 jenis komponen untuk membangun sebuah MVC patter dalam aplikasi web yakni:

A. View

Adalah bagian yang menangani presentation logic. Bagian ini biasanya berupa template HTML yang diatur oleh controller. Ini berfungsi menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini juga tidak memiliki akses langsung terhadap bagian Model.

B. Model

Umumnya berhubungan dengan sebuah database yang berfungsi untuk memanipulasi data termasuk (insert, update, delete dan juga search), menangani validasi dari bagian controller, tetapi tidak dapat melakukan hubungan langsung dengan View.

C. Controller

Adalah bagian yang mengatur hubungan antara Model dan View. Berfungsi  menerima request atau permintaan dan data dari user yang kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Dengan Prinsip MVC ini maka suatu aplikasi akan dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan pembuatnya (developpernya), yaitu programmer yang menangani bagian model dan juga controller, sedangkan designernya yang akan menangani bagian viewnya. Dengan begitu dengan menggunakan arsitektur MVC ini akan dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Meskipun masih juga dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dengan desainernya dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan.

Berikut ini adalah kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework lainnya:
  1. Performa codeigniter sangat cepat bahkan CI merupakan Framework adalah framework paling cepat jika dibandingkan dengan Framework yang lainnya.
  2. Nearly Zero Configuration artinya knfigurasi yang sangat minim.
  3. Memiliki banyak komunitas CI, sehingga kita bisa menanyakan langsung masalah yang kita hadapi ketika kesulitan dalam melakukan konfigurasi.
  4. Dokumentasi yang lengkap. yang bagus untuk dijadikan permulaan dan juga dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk di pahami
  5. dll.



Download CodeIgniter
Sumber : wikipedia | Gambar

Nah itulah sobat beberapa informasi tentang CI atau CodeIgniter, semoga bermanfaat ya artikelnya, Terima Kasih atas kunjungannya Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 Response to "CodeIgniter Framwork PHP Paling Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel