Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

 pengertian komputer,  sejarah komputer,  sejarah komputer generasi pertama, sejarah komputer dari generasi ke generasi, sejarah komputer lengkap, sejarah komputer generasi ketiga, sejarah komputer generasi kelima, 

Pengertian dan Sejarah Komputer Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah sebuah data yang mengacu pada sebuah perintah yang telah dirumuskan pada sebuah komputer. Kata komputer ini pada awalnya diperguanakan kepada orang yang bekerja melakukan sebuah perhitungan aritmatika, dengan menggunakan alat bantu ataupun tidak menggunakan alat bantu.

Namun kemudian sebutan ini dialihkan kepada sebuah mesin itu sendiri (Sebuah komputer). Pada mulanya pengolahan sebuah informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah artimatika, namun saat ini sebuah komputer banyak digunakan untuk berbagai tugas yang sama sekali tidak berhubungan dengan aritmatika.

Pengertian komputer secara luas didefinisikan sebagai alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang bisa bekerja sama antara komponen yang satu dengan komponen lainnya, hal ini berfungsi untuk menghasilkan sebuah informasi yang di inginkan berdasarkan program data yang telah ada. Komponen komputer ini meliputi sebuah Layar monitor, CPU, keyboard, printer, mouse dll. Bahkan tanpa sebuah printerpun komputer masih dapat melakukan tugasnya sebagai mesin pengolah data, tetapi hanya berbentuk digital dan belum dicetak.

Saat ini komputer telah berkembang dan perkembangannya merubahnya menjadi lebih canggih.

Generasi Komputer


Generasi komputer pertama (Perang Dunia II)

Saat perang dunia ke II negara-negara yang terlibat berusaha untuk mengembangkan sebuah komputer yang bertujuan untuk mengeksploit sebuah potensi yang strategis yang dimiliki oleh komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse membangun sebuah komputer Z3 untuk mendesain sebuah pesawat terbang dan peluru kendali. Kemudian pada tahun 1943 pihak Inggris telah menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang ditanamkan colossus berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman.

Kemudian disaat itu pihak Amerika menghasilkan sebuah kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900 - 1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy, kalkulator tersebut memiliki rentang kabel sekitar 500 mil. Komputer ini merupakan komputer relai elektronik, ia menggunakansinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat dan membutuhkan 3-5 detik pada setiap perhitungannya.

Generasi Komputer kedua

Di tahun 1948 ditemukan sebuah penemuan yaitu transistor, transistor ini sangat mempengaruhi perkembangan sebuah komputer. Transistor ini menggantikan tube vakum pada televisi dan juga komputer. dengan adanya transistor ini mengakibatkan ukuran mesin elektronik memiliki ukuran yang kecil.

Transistor ini mulai digunakan pada tahun 1956. Kemudian penemuan lain berupa pengembangan momori inti magnetik membuat perkembangan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil dan lebih cepat juga dapat diandalkan dan juga lebih hemat energi dibandingkan dengan generasi pertama.

Teknologi ini digunakan pada superkomputer pertama yang dibuat oleh IBM yang bernama Stretch dan Sprey-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom dan dapat menangani sejumlah besar data. Hanya ada dua LARC yang pernah di pasang dan digunakan yaitu di Lawrence Radiation Lab di Livermore, California dan di US Navy Research adn Development Center di Washington D.C. Komputer pada generasi ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa Assembly.

Bahasa Assembly merupakan bahasa yang menggunakan sebuah singkatan untuk menggantikan kode biner.

Di komputer generasi kedua ini beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan seperti COBOL dan FORTRAN mulai digunakan. Dengan bahasa tersebut memudahkan seorang programmer , karena bahasa tersebut telah menggantikan kode mesin yang sangat rumit dan sangat sulit untuk dipahami. Dengan adanya bahasa pemrograman inilah bermunculan para Programmer, sistem analis dan ahli sistem.

Disinilah industri perangkat lunak mulai berkembang.

Komputer Generasi ketiga

Jack Kilby seorang insinyur di Texas instrument mengembangkan sebuah sirkuit terintegrasi (IC) di tahun 1958, IC ini mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah pirigan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Dengan penemuan ini komputer menjadi memiliki bentuk yang lebih kecil karena komponennya dipadatkan menjadi sebuah chip. Di generasi komputer ke tiga inilah awal mulanya penggunaan sebuah sistem operasi yang dapat menjalankan sebuah program yang berbeda secara bersamaan.

Komputer Generasi ke empat

Large Scale Integratiom atau biasa disingkat dengan (LSI) yang dapat memuat ratusan sebuah komponen komputer dalam sebuah chip. di tahun 1980an Very Large Scale Integration (VLSI) dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal saja. Kemudian ULSI Ultra Large Scale Integration meningkatkannya lagi menjadi jutaan komponen dalam satu chip. Hal ini tentunya meningkatkan daya dan efisiensi sebuah komputer

Komputer Generasi ke Lima

Dengan kecerdasan buatan ()Artificial Intelligence) memungkinkan komputer pada generasi ini dapat melakukan sebuah percakapan dengan manusia dan dapat belajar dengan pengalamannya sendiri.

Walaupun hal ini masih jauh dari kenyataannya, banyak dari fungsi-fungsi komputer pada generasi ini terwujud.

Jepang adalah negara yang terkenal dengan sosialisasi Jargon dan proyek untuk komputer generasi ke lima ini. lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Dengan berhasilnya proyek ini maka akan membawa sebuah perubahan baru paradigma komputerisasi di seluruh dunia.



sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

2 Responses to "Pengertian dan Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel