10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

Mengapa Menggunakan Framework?

Nah mengapa para pengembang web (web developper) dituntut untuk dapat memabngun sebuah aplikasi web menggunakan sebuah framework?


  • Dengan mengguanakan framework maka pengembangan sebuah web akan lebih cepat.
  • Untuk meminimalisir tingkat kerentanan keamanan pada sebuah situs web.
  • Menggunakan pola MVC (Model-View-Controller) sehingga menjamin antara presentasi dan logika.
  • Code dan file terorganisir dengan baik.
  • Memiliki banyak komunitas untuk pengembangannya.


Didalam sebuah framework terdapat sebuah istilah MVC, nah biar sobat gak bingung, apa sih MVC itu? mari baca ulasan sedikit tentang MVC ini.

Mengenal Konsep MVC

MVC merupakan kependekan dari Model-View-COntroller, MVC adalah alur kerja dari sebuah framework. Dengan adanya model MVC ini segala jenis dan macam logika dan layout dipisahkan, sehingga programmer dan designer dapat mengerjakan tugasnya masing-masing secara fokus.

Konsep model MVC ini dapat menuntun para programmer untuk membangun wes dengan terstruktur.

Model - mewakili dan juga mendasari struktur logis dari sebuah data di dalam aplikasi perangkat lunak dan class tingkat tinggi yang terkait olehnya. Model ini tidak berisi sebuah informasi tentang user interface.

View - merupakan kumpulan class yang mewakili unsur-unsur dalam sebuah antarmuka pengguna.

Controller - merupakan class yang menghubungkan model dan tampilan dan digunakan untuk berkomunikasi antara class dalam Model dan View.

Nah berikut ini adalah 10 Framework yang bagus untuk para pengembang web (web developper).

1) LARAVEL

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

Laravel merupakan sebuah framework pengembangan aplikasi PHP yang gratis untuk pengembangan aplikasi berbasis web, yang mengikuti MVC, sebuah pola yang diciptakan leh Taylor Otwell.

Laravel merupakan kerangka kerja PHP yang terbilang baru yang dirilis pada tahun 2011. Laravel memiliki ekosistem besar dengan isntan hosting dan penyebaran platform.

Laravel memiliki banyak sekali fitur yang membuat pengembangan aplikasi web dengan cepat, laravel ini memiliki engine template ringan sendiri yang memiliki sebutan "Blade", sintaks yang dapat memfasilitasi tugas authentication, sessions, queueing, caching dan Restfull routing.

2) CODEIGNITER (CI)

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

CI adalah sebuah kerangka PHP yang ringan yang sudah lama, yang dirilis pada tahun 2006. CodeIgniter memiliki proses instalasi yang begitu mudah dan hanya membutuhkan konfigurasi minimal, dengan begitu membuatnya menghemat banyak kerumitan.

Framework CI merupakan framework pilihan yang ideal jika sobat ingin menghindari konflik versi PHP, karena CI bekerja dengan sangat baik pada semua platform shared hosting ataupun dedicated hosting.

CodeIgniter memberikan kebebasan yang besar bagi para pengembang web. CodeIgniter juga memiliki file download yang cukup kecil yaitu sekitar 2 mb saja, itulah mengapa framework ini  disebut  sebagai kerangka PHP yang sangat ramping.

3) YII

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

Yii adalah sebuah framework opensource, berbasis komponen MVC untuk kerangka aplikasi web PHP. Framework ini dapat memberingan dorongan untuk kinerja situs lebih cepat jika dibandingkan dengan kerangka kerja PHP lainnya, karena secara ekstensif menggunakan teknik lazy loading, Yii 2 murni object-oriented, hal ini didasarkan pada DRY atau Dry Repeat Yourself coding konsep, yang menyediakan kode dasar yang cukup logis.

Yii 2 ini sudah terintegrasi dengan jQuery yang dilengkapi dengan serangkaian fitur AJAX-enabled, yang telah mengimplementasikan mekanisme skinning dan themeing yang mudah untuk digunakan. Sehingga framework ini menjadi pilihan yang cocok bagi seseorang yang berasal dari latar belakang fronted.

Yii juga memiliki class kode generator kuat yang disebut Gii yang memberikan fasilitas pemrograman berorientasi objek dan prototyping cepat, juga menyediakan antarmuka berbasis web yang memungkinkan sobat dapat secara interaktif menghasilkan sebuah kode yang dibutuhkan.


4) PHPIXIE

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

PHPIXIE adalah sebuah kerangka PHP yang cukup baru. PHPIXIE ini diciptakan di tahun 2012 untuk tujuan menciptakan kerangka PHP yang memiliki kinerja yang tinggi untuk sebuah website read-only.

PHPIXIE juga menerapkan pola desain HMVC dan dibangun dengan menggunakan komponen independen yang bisa digunakan dengan tanpa kerangka PHPIXIE itu sendiri.

5) SLIM

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

SLIM adalahs sebuah kerangka PHP mikro, menyediakan semua yang sobat butuhkan. SLIM merupakan framework PHP yang minimal dalam desain, framework ini sangat bagus untuk aplikasi web yang kecil.

Pencipta dari framework ini terinspirasi oleh kerangka mikro ruby yang disebut Sinatra.

Slim ini digunakan oleh banyak para pengembang PHP yang digunakan untuk mengembangkan layanan RESTful API. SLIM dilengkapi dengan fitur Routing URL, sisi klien HTTP caching, Sesi dan Enkripsi dan juga mendukung Flash pesan pada permintaan HTTP.


6) SYMFONY

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

Symfony adalah kerangka PHP yang diciptakan untuk mempercepat penciptaan dan juga pemeliharaan sebuah aplikais web dan untuk menggantikan tugas coding yang berulang.

Komponen dari framework ini telah digunakan oleh banyak proyek aplikasi web yang mengesankan seperti misalnya CMS Druppal. Symfony memiliki komunitas pengembang yang luas dan memiliki banyak penggemar fanatik.

7) PHALCON

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

Framework Phalcon didirikan pada  tahun 2012 memiliki kinerja yang tinggi untuk sebuah aplikasi web PHP yang didasarkan pada pola MVC (Model-View-COntroller). Tidak seperti kebanyakan framework PHP yang lain. Phalcon diimplementasikan sebagai perpanjangan yang ditulisa dalam C. hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatannya dalam melakukan sebuah eksekusi dan meminimalisir penggunaan sumber daya dengan tujuan agar dapat menangani lebih permintaaan per detik dari pada kerangka kerja yang sebanding yang ditulis dalam PHP.

8) ZEND FRAMEWORK

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

ZEND Framework adalah sebuah framework PHP yang stabil dan juga kuat, dikemas dengan banyak pilihan konfigurasi oleh karena itu biasanya tidak dianjurkan untuk membangun proyek kecil namun sangat baik untuk proyek yang lebih kompleks.

Zend Framework ini memiliki mitra sepeti IBM, Microsoft, Google dan juga Adobe.

Zend Framework diciptakan dengan metodologi Agile yang memberikan fasilitas aplikasi berkualitas tinggi.

9) FUELPHP

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

FuelPHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja PHP yang fleksibel dan juga framework ini tidak hanya mendukung pola MVC saja, namun pada revolusi lainnya yaitu HMVC (Hirarkis MVC) di tingkat arsitektur.

FuelPHP adalah modular dan dapat diperpanjang, dan untuk mengurus masalah keamanan FuelPHP ini menyediakan fitus seperti input dan URI filter dan output encoding juga dilengkapi dengan kerangka kerja otentikasi sendiri.


10) CAKEPHP

10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web

CAKEPHP merupakan sebuah kerangka PHP yang versi pertamanya dirilis pada tahun 2015. Framework ini tetap populer lantaran selalu berhasil menjaga perkembangannya seiring berjalannya waktu. Versi terbarunya yaitu CAKEPHP 3.0 ditingkatkan pada menejemen sesi, meningkatkan decoupling beberapa komponen dan juga telah meningkatkan kemampuan untuk menciptakan perpustakaan mandiri yang lebih powerfull.

CAKEPHP ini telah digunakan oleh banyak situs besar misalnya BMW, Hyundau dan juga Express, untuk membangun sebuah aplikasi web dengan tingkat keamanan yang tinggi CAKEPHP sangat baik untuk digunakan. karena memiliki banyak fitur keamanan built-in seperti validasi input, pencegahan SQL injection, pencegahan XSS, CSRF dan banyak lagi.

Nah itulah 10 framework PHP yang baik untuk digunakan sebagai alat untuk pengembangan aplikasi web. semoga bermanfaat dan terima kasih...


sumber : centerklik

Bantu share ya sobat, berbagi ilmu pengetahuan itu indah lo :)

2 Responses to "10 Daftar Framework PHP Untuk Pengembang Web"

  1. wah banyak juga yah saya baru pandai laravel sama CI

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih laravel sama CI itu yang paling banyak digunakan gan...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel