Apa Sih Perbedaan Antara Blog dan Website?

perbedaan blog dan website
pixabay.com


Perbedaan Blog dan Website - Blog merupakan bagian dari sebuah website atau situs web, dengan kata lain blog adalah website, namun website belum tentu sebuah blog.

Jadi intinya begini, perbedaan antara blog dan website adalah, sebuah blog bisa disebut sebagai website, karena blog adalah bagian dari website, namun sebuah website belum tentu disebut blog.

Nah biar tidak salah paham, berikut ini akan gopensil berikan paparan ringkas untuk memperjelas identitas blog dan website, sehingga sobat bisa menyimpulkannya sesuai pemahaman sobat hehe...

Perbedaan Dari Segi Pengertiannya

Menurut  Wikipedia, blog --singkatan dari web log — adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet.

Website (situs web) --sering disingkat dengan istilah web atau situs saja-- adalah sejumlah halaman situs (web page) yang disajikan dari domain tunggal, ditempatkan (hosted) pada sebuah server web, dan dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai “Uniform Resource Locator” (URL)

Pengertian ringkas dan sederhana, website merupakan halaman (page) yang berisi informasi apa saja dan bisa diakses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Perbedaan Dari Interface (Tampilannya)

Perbedaan Website dan Blog
pixabay.com

Dilihat dari jenis tampilan atau interface, dalam hal ini meliputi homepage (halaman utama), frontpage, ataupun tampilan halaman depan, ciri khas utama blog adalah urutan tulisan atau postingan berada di urutan terbalik, artinya postingan yang baru terbit akan ditampikan paling atas kemudian di ikuti dengan psotingan sebelumnya. Meskipun tidak semuanya begitu.

Pada website umumnya memiliki interface ayang lebih menarik jika dibandingkan dengan blog, namun saat ini blog dan website sulit untuk di bandingkan karena sama-sama memiliki tampilan yang menarik.

Perbedaan Dari Segi Konten

pixabay.com

Jika dinilai dari konten atau isi, pada blog biasanya berisi tentang catatan pribadi atau curahan hati pemiliknya (blogger), atau berisi tentang topik-topik khusus, pada awalnya blog memiliki fungsi sebagai "Online Diary".

Blog bersifat personal, sebuah website pribadi yang berisi tentang kepribadian pemilik blog (Blogger). Namun saat ini blog juga bisa dimiliki oleh sebuah komunitas, organisasi ataupun  juga lembaga, dengan memiliki lebih dari 1 penulis blog.

Pada website biasanya dimiliki oleh lembaga atau instansi dan komunitas. misalnya website yang paling umum adalah sebuah portal berita, misalnya detik, kompas, republik, dll. Yang dimiliki oleh sebuah lembaga media online yang bersifat komersial.

Perbedaan Dari Segi Penulisan dan Gaya Bahasa

pengertian blog dan website
pixabay.com

Umumnya gaya penulisan dan bahasa dalam postingan sebuah blog biasanya menggunakan gaya yang informal, tidak kaku juga tidak baku, umumnya menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.

Sedangkan website, yang umumnya resmi milik sebuah lembaga atau sebuah instansi, otomatis gaya yang digunakan ialah gaya penulisan bahasa yang formal yang cenderung kaku, juga kontent pada website jarang sekali terupdate.

Perbedaan Dari Segi Domain dan Hosting

perbedaan blog dan website dari segi hosting dan domain
pixabay.com

Pada sebuah blog biasanya tidak menggunakan custom domain. dan cenderung memanfaatkan jasa platform gratisan dan tinggal pake, misalnya yang saya ketahui ialah blogspot.co.id dan juga wordpress.com. Namun saat ini tidak jarang mereka para blogger yang sudah mengupgrade custom domain dan menyewa hosting, seperti blog Gopensil ini adalah sebuah blog yang sudah custom domain, namun masih ngehost di google.

Pada website umumnya menggunakan domain dan juga hosting sendiri, biasanya nama domainnya sama dengan nama perusahaannya, namun kadang juga ada yang menggunakan layanan blog, dan hanya custom domain saja.

Nah itulah beberapa perbedaan dari website dan blog, semoga bermanfaat...

sumber : http://www.academia.edu/5863910/Perbedaan_Blog_dan_Website


Bantu share ya sobat, berbagi ilmu pengetahuan itu indah lo :)

0 Response to "Apa Sih Perbedaan Antara Blog dan Website?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel