Pengertian Ekosistem Beserta Contohnya

pengertian ekosistem dan contohnya
1bulan1milyar.com

Pengertian Ekosistem - Pernahkah sobat memandang sawah dengan hamparan nan luas dengan padinya yang sudah mulai tumbuh. Air yang melimpah yang memudahkan para petani yang sedang bekerja, diantara tanaman padi terdapat berbagai jenis hewan misalnya ular, ikan dan juga belalang.

Terdapat juga berbagai jenis rumput dan juga tumbuhan lain yang seringkali dianggap sebagai gulma. Sawah air tumbuhan, hewan dan juga komponen lainnya yang terdapat disana merupakan pembentuk dari sebuah ekosistem.

Semuanya berinteraksi dan masing-masing mempunyai peran yang spesifik. Begitulah sedikit gambaran mengenai ekosistem di sawah.

Menurut sobat apakah ekosistem itu, dan mengapa begitu penting untuk kita mempelajarinya? nah untuk mengetahuinya marilah kita simak pembahasan berikut ini ya sobat:

Pengertian Ekosistem

pengertian ekosistem alami
bestplanterindonesia.com
Ekosistem merupakan sistem alam yang dibentuk dari interaksi antar makhluk hidup dan juga interaksi antara makhluk hidup dengan faktor lingkungannya pada sebuah kawasan tertentu. Istilah ekosistem pertama kali dikenalkan oleh Tansley pada tahun (1935) yang mengemukakan bahwa hubungan timbal balik antara makhluk hidup (tumbuhan, hewan dan lain sebagainya) dengan faktor lingkungan (cahaya, udara, air dan juga tanah ataupun lainnya).

Dialam sebenarnya memberntuk suatu sistem yang tidak dapat dipisahkan, ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut ekologi.

Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos, yang memiliki arti rumah atau temapt hidup dan logos yang berarti ilmu. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang memperlajari baik interaksi antara makhluk hidup yang merupakan bagian dari kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Dalam ekologi kita mempelajari makhluk hidup sebagai bagian kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Definisi ekologi tersebut pertama kali disampaikan oleh Ernst Haeckel.

Ekosistem tersusun atas makhluk hidup dan makhluk yang tak hidup. Sebagai contoh ekosistem sawah yang terdiri atas hewan dan juga tumbuhan yang hidup secara bersamaan. Pada ekosistem sawah tersebut, terdapat sebuah rumput, tanaman padi, belalang, hama, ulat, tikus dan lain-lain.

Dalam Eskositem terdapat satuan-satuan makhluk hidup yang didasarkan pada tingkatan organisme makhluk hidup dari yang paling sederhana hingga ke yang paling kompleks. Individu, populasi, komunitas dan juga biosfer merupakan satuan makhluk hidup dalam suatu ekosistem, dan sinar matahari juga sangat berperan bagi kelangsungan hidup satuan-satuan ekosistem tersebut.


1. Individu

pengertian ekosistem dan contohnya
agrinak.com
Pernahkah sobat melihat seekor sapi atau seekor ayam atau sebatang pohon mangga? seekor sapi atau seekor ayam dinamakan individu. Demikian juga dengan sebatang pohon mangga.

Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal, Individu berasal dari bahasa latin, yaitu in (tidak) dan dividus (dapat dibagi). Jadi individu dapat diartikan sebagai satu organisme hidup yang berdiri sendiri dan secara fisiologis bersifat bebas serta tidak mempunyai hubungan organik dengan sesamanya.

Suatu makhluk hidup dapat disebut sebagai individu jika memnuhi syarat-syarat berikut ini:

  1. Individu selalu menggambarkan sifat tunggal.
  2. Dalam individu proses hidupnya berlangsung sendiri-sendiri.
  3. Setiap individu memiliki proses hidup yang berbeda dengan individu lainnya.

Dalam mempertahankan hidup, setiap individu atau organisme dihadapkan pada masalah yang penting, misalnya harus mendapatkan makanan, mempertahankan diri terhadap musuh di alam liarnya, dan juga untuk memelihara anak-anaknya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, organisme harus memiliki struktur khusus, misalnya duri, sayap, kantong ataupun juga tanduk dan taring. Organisme juga memperlihatkan perilaku tertentu, seperti membuat sarang atau melakukan migrasi untuk dapat mencari makanan.

Keadaan struktur dan perilaku demikian disebut dengan adaptasi. Organisme beradaptasi terhadap lingkungannya melalui adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan juga adaptasi tingkah laku.

Adaptasi morfologi, yaitu penyesuaian bentuk tubuh untuk kelangsungan hidupnya, berikut ini adalah contoh dari adaptasi morfologi:

  • Gigi hewan karnivora (hewan pemakan daging) berdaptasi menjadi empa gigi taring besar dan runcing untuk menangkap mangsa, selain itu juga terdapat gigi geraham dengan ujung gigi yang berguna sebagai pemotong yang tajam dan untuk mencabik mangsanya.
  • Tumbuhan gurun memiliki akar yang kuat dan juga panjang yang berfungsi untuk menyerap air yang terdapat jauh di dalam tanah, sedangkan tumbuhan bakau memiliki akar napas yang fungsinya untuk mengambil oksigen diudara.


Adaptasi fisiologi, yaitu penyesuaian fungsi fisiologi tubuh untuk mempertahankan hidupnya, berikut ini adalah contoh dari adaptasi fisiologi:

  • Unta yang mempunyai kantong di punuknya yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan air.
  • Aroma bau yang khas pada bunga yag dapat mengundang datangnya serangga, yang berguna untuk membantu penyerbukan.

Adaptasi tingkah laku, merupakan penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku agar dapat mempertahankan hidupnya, berikut ini adalah contoh dari adaptasi tingkah laku:

2. Populasi

pengertian ekosistem dan contohnya
tirto.id
Sekumpulan sapi di padang rumput adalah disebut dengan populasi sapi. Sekumpulan ikan nila di dalam kolam air tawar disebut dengan populasi ika nila.

Jika dalam kolam tersebut juga ditumbuhi dengan sekumpulan tumbuhan teratai, berarti dalam kolam tersebut juga terdapat populasi tumbuhan teratai. Kumpulan individu-individu yang sama dapat membentuk sebuah populasi.

Populasi berasal dari bahasa Latin, yaitu populus (adalah semua yang bertempat tinggal pada suatu tempat). Jadi pengertian populasi adalah sekelompok individu sejenis (satu spesies) yang menempati suatu daerah dan pada waktu tertentu.

Suatu makhluk hidup disebut sejenis apabila memnuhi syarat-syarat berikut ini:

  1. Menempati daerah (habitat) yang sama.
  2. Mempunyai persamaan morfologi, anatomi (bentuk luar) dan fisiologi (bentuk dalam).
  3. Mampu menghasilkan keturunan yang fertil (keturunan yang mampu berkembang biak secara kawin).


Besarnya populasi ditunjukkan oleh jumlah individu didalam suatu populasi persatuan luas. Besarnya populasi persatuan luas ini disebut dengan kepadatan populasi. Misalnya dalam satu areal perkebunan murbai luasnya 1.000 m persegi. Dalam kebun tersebut terdapat 1000 pohon murbai dan 20.000 ekor ulat sutra.

Hal tersebut berarti kepadatan populasi pohon murbai adalah 1.000 pohon/1.000 m persegi atau 1 pohon/m persegi dan kepadatan populasi ulat sutra adalah 20.000 ekor / 1000 m persegi atau 20 ekor / m persegi.

Perubahan populasi dapat terjadi dari waktu ke waktu. perubahan ini terjadi karena adanya pertambahan atau pengurangan jumlah populasi. Berkurang atau bertambahnya populasi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya: emigrasi, imigrasi, natalitas dan moralitas.

3. Komunitas

pengertian ekosistem dan contohnya
wherelionsroam.com
Di alam, populasi makhluk hidup saling berinteraksi satu sama lain. Kumpulan beberapa populasi membntuk suatu komunitas. Contohnya komunitas padang rumput. Komunitas tersebut disusun oleh berbagai populasi rumput, populasi kijang dan juga populasi harimau.

Kata komunitas berasal dari bahasa Latin commune (umum). Jadi komunitas adalah sekumpulan berbagai macam populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu.

Suatu komunitas tersusun  dari semua populasi yang hidup dan saling beinteraksi antara satu dengan yang lain dalam suatu wilayah dan dalam waktu tertentu.

4. Ekosistem

pengertian ekosistem dan contohnya
carepossible.blogspot.co.id
Komunitas tidak dapat terlepas dari pengaruh lingkungan tak hidup (Lingkungan abiotik) yang terdapat disekitarnya. Sebagai contoh, komunitas ikan air tawar yang selalu berhubungan dengan kolam ikan, air, udara, tanah dan juga matahari.

Antara komunitas dan lingkungan tak hidupnya berbentuk suatu interaksi atau hubungan yang saling memengaruhi satu dengan lainnya dalam membentuk suatu sistem ekologi yang disebut dengan ekosistem.

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan, hidupnya yang selalu berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik. Oleh karena itu, ekosistem disebut juga sebagai sistem lingkungan.

Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dapat dibedakan menjadi 2 (dua) berikut ini:

  1. Ekosistem alami: merupakan ekosistem yang terbentuk karena pengaruh dari alam sekitar dan bukan karena campur tangan manusia. Misalnya sungai, laut, danau, hutan dan juga pegunungan.
  2. Ekosistem buatan: merupakan ekosistem yang dibentuk oleh manusia. Misalnya kolam ikan, aquarium, waduk dan juga sawah.


5. Bioma

pengertian ekosistem dan contohnya
thousandwonders.net
Kumpulan dari berbagai komunitas pada suatu zona habitat, disebut sebagai bioma. Bioma dibumi dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu bioma darat (terestrial) dan bioma perairan (akuatik).

Bioma terestrial ini terjadi dikarenakan daratan memiliki variasi geografis seperti ketinggian diatas permukaan laut dan garis lintang. Di daratan terdapat enam bioma, yaitu bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hujan tropis, bioma hutan musim, bioma taiga dan bioma tundra. Contoh bioma yang ada di Indonesia adalah hujan tropis.

6. Biosfer

pengertian ekosistem dan contohnya
bizimyol.info
Kesemua bioma yang ada di bumi atau semua zona kehidupan di bumi disebut dengan biosfer (lapisan kehidupan). Biosfer meliputi semua lapisan kehidupan, dari dasar laut yang dalam hingga lapisan udara dimana masih terdapat kehidupan. Biosfer merupakan kumpulan semua komunitas dan ekosistem yang terdapat di planet bumi, meliputi semua bagian dari lapisan bumi yang oaling atas, yaitu air, kulit bumi dan kemudian atmosfer.

nah itulah yang bisa bagikan ke sobat semoga bermanfaat!...

0 Response to "Pengertian Ekosistem Beserta Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel