Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi


Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi - Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Misalnya, menurut fungsi sistem (Embeded IT System, dedicated IT system, dan general purpose IT system), menurut departemen  dalam perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll), menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi eksekutif), menurut ukuran, dan menurut cara melayani permintaan (client - server)

Klasifikasi sistem teknologi informasi berdasarkan fungsi sistem

Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi: sistem teknologi informasi yang melekat (embeded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system), dan sisten teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system).


Embeded IT system

Embeded IT system, adalah sistem teknologi yang melekat terhadap produk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (video cassete recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan pada televisi. Adapun sistem teknologi informasi pada lift dapat digunakan dapat mengendalikan pergerakan lift di dalam gedung pencakar langit. Seperti contoh lift tertentu tidak dapat digunakan untuk lantai 2 sampai dengan lantai 7 pada jam 07.00 sampai jam 09.00.

Dedicated IT system

Dedicated IT system merupakan system teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh ATM "Anjungan Tunai Mandiri" yang dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank. Tentu saja, sistem seperti ini tidak dapat dipakai untuk melakukan tugas seperti halnya mengetik sebuah dokument.

General Purpose IT System

General Purpose IT System merupakan sistem teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat umum. Sistem komputer yang disebut PC merupakan contoh sistem  teknologi informasi serbaguna yang umum dipakai di dalam rumah. Dalam hal ini PC (personal computer) dapat dipakai untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuat gambar, maupun untuk belajar bahasa asing. Tentu saja sistem seperti ini dapat digunakan untuk melakukan  kegiatan apa saja sepanjang dilengkapi dengan perangkat lunak yang sesuai.

Klasifikasi sistem teknologi informasi berdasarkan ukuran

Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik. Namun lebih cenderung di dasarkan pada ukuran informasi yang dapat ditampung. Kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan. Berdasarkan pengklasifikasian seperti ini, terdapat berbagai istilah yang sampai saat ini tetap digunakan untuk memberikan nama kelompok komputer, sekalipun parameter yang digunakan untuk mengklasifikasikannya seringkali berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang mendukung komputer. Kelompok tersebut ialah: mikrokomputer, minikomputer, mainframe, dan superkomputer.

  • Superkomputer, merupakan jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat, komputer ini biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc.) Selain perusahaan Cray, IBM juga turut berkiprah. IBM ASCI White (Accelerated Strategies Computing Initiative White) merupakan superkomputer buatan IBM yang dipasang di Lawrence Livermore Laboratory, Livermore, California, yang digunakan untuk melakukan simulasi pengujian nuklir pada Departemen Energi Amerika Serikat. Komputer ini memiliki 8192 prosesor power3 dan dapat memproses 12,3 triliun instruksi perdetiknya, dan memakan tempat seluas 12.000 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003). Pada tahun 2002, IBM ASCI White atau yang juga disebut dengan "Pacific Blue" merupakan superkomputer tercepat di dunia. Adapun superkomputer tercepat kedua  yang dibangun oleh Intel yang dipasang di Sandia National Laboratory, New Mexico. Superkomputer ini tersusun atas 9152 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 triliun instruksi perdetiknya. Pada tahun 2012, Titan  (Cray Research, Inc.) Merupakan superkomputer tercepat didunia dengan kecepatan sebesar 17,59 Petaflops (Dilow, 2012).
  • Mainframe, merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan - perusahaan yang berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan komputer yang yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. IBM S/390 Parallel Enterprise Server dan IBM Sistem z merupakan contoh mainframe.
  • Minikomputer,  seringkali disebut sebagai sistem midrange. Biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis komputer ini antara lain ialah DEC, IBM, Hewlet Packard, dan Data General. Contoh yang terkenal dan banyak digunakan pada perbankan adalah IBM AS/400.
  • Workstation, merupakan jenis komputer yang lebih ampuh dari pada kebanyakan PC. Umumnya jenis ini digunakan untuk kepentingan aplikasi perancangan berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai server dalam client-server. Komputer inilah yang dipakai dalam pembuatan film Jurassic Park. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama dalam memproduksi workstation adalah DEC, IBM dan Sun Microsystem.
  • Mikrokomputer, lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) merupakan sebuah komputer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi desktop PC, tower PC, Laptop, Notebook, Palmtop, Netbook dan PDA.
  • Mikrokontroler atau sering disebut juga embedded computer merupakan mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa di pasang pada peralatan-peralatan elektronik yang cerdas (misalnya mobil dll.) Mikroprosesor ini membuat peralatan-peralatan dapat di program. Perusahaan yang terkenal dalam memproduksi mikrokontroler ini adalah Motorola dan Texas Instrument.

Client Server


Pada lingkungan yang mengandung sejumlah komputer, server menyatakan sebuah komputer yang menyimpan data atau program yang dapat diambil oleh komputer-komputer lain atau menyediakan piranti seperti CD-ROM drive atau printer yang dapat digunakan oleh komputer-komputer lain. Adapaun klien merupakan komputer yang memanfaatkan layanan-layanan yang disediakan oleh server.

Pada perkembangan lebih lanjut istilah server tidak harus berarti komputer secara fisik, melainkan justru berupa perangkat lunak. Sebagai contoh web server merupakan perangkat lunak yang berfungsi melayani permintaan halaman web oleh klien. Dengan demikian satu komputer dapat berfungsi menjadi berbagai server. Komputer yang digunakan untuk kepentingan seperti ini biasanya memiliki kecepatan yang tinggi dan mengandung penyimpanan eksternal berukuran besar.

0 Response to "Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel