Pengelompokan Teknologi Informasi

teknologi informasi beserta lengkap dengan pengertiannya

Telah diketahui bahwasanya teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi lebih rinci. Teknologi informasi ini dikelompokkan menjadi enam teknologi, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan dan mesin pemroses.

Teknologi masukan

pengelompokan teknologi informasi


Teknologi masukan atau biasa disebut dengan (input technology) merupakan teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam sebuah sistem komputer.  Perangkat masukan yang sering kita jumpai pada umumnya didalam sebuah sistem komputer ialah berupa keyboard dan juga mouse.

Mesin Pemroses

pengelompokan teknologi informasi dan komunikasi


Processing machine (mesin pemroses) atau lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit), mikroprocessor atau processor. Sesuai dengan namanya, CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut.
Contoh prosesor yang terkenal saat ini ialah: Celeron, Core i7, Xeon, Pentium dan juga Core Duo. Intel dan AMD merupakan perusahaan yang menghasilkan processor.

Teknologi Penyimpanan

pengelompokan teknologi informasi ada 6 sebutkan dan jelaskan,


Didalam teknologi penyimpanan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal, memory internal biasa juga disebut dengan main memory yaitu memory utama yang memiliki fungsi sebagai pengingat baik bagi sebuah data, program ataupun informasi sementara ketika proses pengolahan dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memory internal yaitu ROM dan RAM, ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang hanya bisa untuk dibaca saja, sedangkan RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah memory yang isi atau datanya dapat diperbarui.

Penyimpanan eksternal atau biasa disebut dengan internal storage yang dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan eksternal merupakan segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Permanen berarti menyimpan sebuah data yang ketika sebuah komputer dimatikan, data didalamnya akan masih utuh ketika komputer dinyalakan kembali.

Teknologi Keluaran

pengelompokan teknologi perkantoran sesuai dengan fungsinya


Teknologi keluaran atau output technology merupaka sebuah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan sebuah informasi hasil dari pengolahan sebuah sistem. Layar atau monitor dan printer adalah piranti yang biasa digunakan untuk sebagai piranti keluaran.


Teknologi Perangkat Lunak

6 pengelompokan teknologi informasi, pengertian pengelompokan teknologi informasi

Perangkat lunak atau mudahnya disebut dengan sebutan software atau sebuah program adalah sebuah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan sebuah komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang diinginkan  atau sesuai dengan kehendak pembuat atau penggunanya. Dengan begitu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan yang berbeda maka, software yang digunakan akan berbeda pula. Misalnya untuk desain, maka komputer kita membutuhkan sebuah program yang dapat digunakan untuk mendesain, misalnya photoshop, Ai, atau CorelDRAW, atau Microsoft office yang digunakan sebagai pengolah kata.

referensi gambar: dqindia.com, emaze.com, atmel.com, appleinsider.com, spice4life.co.za

0 Response to "Pengelompokan Teknologi Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel