Pengertian Internet Beserta Sejarah, Manfaat dan Layanan Yang di Sediakan Internet

manfaat internet dalam bidang pendidikan

Pengertian Internet - Assalamu'alaikum wr. wb. selamat malam sahabat Go Pensil. pada kesempatan malam ini Alhamdulillah semoga kita selalu senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan ya. nah malam ini saya akan sedikit berbagi artikel yang saya dapatkan dari buku LKS sewaktu semasa sekolah SMK saya. dari pada nganggur dan tidak ada yang baca, mending saya share tulis ulang dan uploud di blog, selain mengisi blog saya, semoga juga bisa bermanfaat bagi yang baca, dan yang sedang butuh informasi yang terkait dengan, Pengertian Internet. Meskipun di depan ada hak ciptanya, gak papalah, penulisnya juga Insya Allah mengizinkan kalau untuk berbagi ilmu yang bermanfaat kek gini.. Ya sudah silahkan di baca ya...

1. Sejarah Internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melaui proyek lembaga ARPA yang mampu mengembangkan sebuah jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di masa mereka mendemonstrasikannya dengan menggunakan perangkat hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.


Tujuan awal dari dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah untuk dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 (empat) situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Dengan semakin berjalannya waktu, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan di berbagai universitas yang ada di Amerika ingin menggunakannya, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi 2 yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer misalnya seperti untuk universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan kemudian dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

2. Pengertian Internet

Internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking, ialah seluruh jaringan komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suit (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani milyaran pengguna yang ada di seluruh dunia. Internet Merupakan dunia tanpa batas, yang artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan penggunanya untuk mengakses informasi yang tersimpan di dalam sebuah komputer yang berada di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang  dari belahan bumi yang berbeda  dapat melakukan sebuah komunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak dan juga hukum di suatu negara.

Internet Memiliki Dua Peranan Penting Sebagai Berikut:

a. Sebagai Sumber Data & Informasi

Internet merupakan sarana yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari sumber data dan juga informasi yang kita inginkan. Dalama internet, kita dapat mencari data barang mengenai kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Berita dan beragam informasi yang diperlukan dapat juga kita temukan di internet, termasuk hiburan. Cara yang digunakan pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengetik nama alamat situs atau mencarinya dengan mesin pencari (Search Engine) dan dalam hitungan detik kebutuhan informasi yang kita butuhkan akan kita dapatkan dengan mudah.

b. Sebagai Pertukaran Data & Informasi

Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari  satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik  kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya, atau mempertukarakan data dan informasi. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi secara bebas.

Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan dengan media lainnya. Disamping ada juga kelemahan dari penggunaannya.

Berikut ini merupakan keunggulan yang dimiliki oleh internet



  • Jangkauan internet bersifat umum, artinya tidak mengenal tempat dan waktu ataupun jalur birokrasi. Setiap orang diseluruh dunia ini dapat mengakses internet secara bebas untuk mencari dan menyebarkan sebuah informasi, membuat promosi sebuah produk dari barang ataupun jasa, atau hanya untuk berkomunikasi dengan rekannya yang berada jauh di suatu tempat.
  • Akses internet tidak dapat dibatasi oleh waktu, artinya setiap saat kita dapat mengakses internet, ini karena internet selalu online setiap saat.
  • Efektifitas dan efisiensi internet dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi daya tarik orang-orang untuk menggunakan layanan internet ini. Internet dapat membantu mencari informasi yang dibutuhkan dengan sangat cepat.
  • Komunikasi menggunakan internet dengan pengguna lainnya yang berada di suatu tempat yang sangat jauh menjadi lebih interaktif dan fleksibel. Fasilitas chatting dan Teleconference memungkinkan pengguna internet untuk berkomunikasi dengan tulisan, berbicara, dan bertatap muka seolah-olah lawan bicaranya berada di hadapannya.


Selain memiliki keunggulan, internet juga memiliki sebuah kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang dimiliki internet:

  • Adanya penyebaran virus komputer melalui jaringan internet. Ancaman virus komputer yang disebarkan melaui internet menjadi sebuah masalah yang serius bagi pengguna komputer yang terhubung dengan internet. Namun saat ini penyebaran virus yang memanfaatkan jaringan internet sudah bisa diminimalisir dengan menggunakan bantuan Virus Scan untuk internet, misalnya Avast.
  • Banyaknya pengguna internet yang mengakses internet dalam waktu yang bersamaan, sehingga dapat memperlambat akses jaringan / koneksi internet.
  • Maraknya tindak kejahatan atau cybercrime yang dilakukan di internet, antara lain ialah: hacking, phising, cracking, carding, spamming, malware, cyber terorisme, dan pornografi.

3. Manfaat Internet

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, membuat internet sangat dibtuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Adapun manfaat internet dalam beberapa bidang kehidupan adalah sebagai berikut:

a. Bidang Komunikasi

Internet adalah media komunikasi yang mudah, murah dan juga cepat jika dibandingkan dengan telepon atau surat konvensional. Tidak hanya berupa email  atau surel (Surat Elektronik), di internet juga terdapat media untuk chatting, seminar berbasis situs web (webminar), serta video conference. Dengan banyaknya situs-situs social media, membuat kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman, sahabat ataupun rekan kerja meskipun kita berada di tempat yang saling berjauhan.

b. Bidang Pendidikan

Internet telah digunakan pada hampir setiap bidang, termasuk bidang pendidikan, berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet di dalam dunia pendidikan.

1). Menyediakan Sumber Pembelajaran Tambahan

Melalui internet, setiap orang dapat mencari informasi tambahan yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran. Dengan demikian, siswa menjadi lebih interaktif dan aktif dalam menerima pembelajaran di sekolah.

2). Membantu Pemahaman

Informasi yang telah kita peroleh dari seorang guru terkadang sulit untuk dimengerti atau untuk dipahami. Internet menyediakan informasi tambahan berupa gambar, contoh, animasi dan lain sebagainya yang memudahkan siswa untuk lebih mengenal dan mengerti tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

3). Mendorong kreativitas

Banyak hal yang dilakukan oleh orang lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita untuk lebih kreativ dalam berkarya, serta belajar dengan tekun untuk meraih hasil yang memuaskan.

4). Menyediakan Metode Pengajaran Yang Lebih Menarik

Beberapa bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk permainan, kuis, atau puzzle terutama untuk murid TK dan SD sudah terdapat di internet. Dengan mengakses internet, seorang guru ataupun orang tua dapat mencari informasi tentang metode pengajaran yang mendukung sistem kembang kecerdasan pada anak-anak dengan metode pengajaran yang lebih menarik.

5). Mendiring Kemandirian

Seorang yang fasih dalam menggunakan internet cenderung dapat lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang sedang dibutuhkannya. Sehingga dengan kemandiriannya tersebut dapat menambah sebuah wawasan dan perbendaharaan ilmu yang mereka dapatkan dari sumber informasi yang berada di internet.

c. Bidang Pemerintahan

Berikut beberapa manfaat  internet dalam bidang pemerintahan:

  • Dapat digunakan sebagai media untuk menerima aspirasi masyarakat luas dengan sangat efektif dan juga efisiens.
  • Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa harus melakukan aksi demonstrasi ataupun kekerasan.
  • Melalui perantara media internet antara pemerintah dan masyarakat, maka dapat terjadi hubungan sosialisasi yang saling berkesinambungan.
  • Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien, sehingga pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan masyarakat tidak merasa ragu terhadap jalannya pemerintahan yang dikelola oleh pemerintah.


d. Bidang Kesehatan

Berikut beberapa manfaat internet didalam bidang kesehatan

  • Sebagai pusat informasi kesehatan secara online.
  • Memudahkan masyarakat dalam mengetahui berbagai macam informasi tentang penyakit beserta obatnya.
  • Memudahkan masyarakat dalam mengetahui segala macam penyakit beserta pencegahannya.
  • Dapat mengajarkan masyarakat cara hidup sehat dengan browsing ke internet.
  • Dapat digunakan sebagai alat pendaftaran pasien secara online.


d. Bidang Bisnis

Melalui internet kita bisa berbisnis dengan mudah melalui jual beli barang yang kita inginkan. Kita tinggal menuju situs-situs tempat berbelanja online untuk mendapatkan barang-barang yang ingin kita beli. Sedangkan di sisi penjual kita dapat menawarkan produk tanpa harus memiliki toko di dunia nyata, cukup hanya dengan memasang foto dari produk yang akan kita jual di tempat marketplace atau tempat situs penyedia penjualan online ataupun membuat situs jual beli online sendiri. Adapun manfaat bisnis online sebagai berikut :

  • Mempermudah melakukan transaksi, jika antara penjual dan pembeli berada di wilayah yang berjauhan.
  • Dapat menghemat waktu ataupun biaya transportasi.
  • Dapat memsarkan sebuah produk secara luas di berbagai wilayah di berbagai belahan Indonesia bahkan di belahan dunia.


4. Layanan Internet

Dalam mengakses internet dibutuhkan suatau layanan internet  yang dapat membantu user dalam memudahkan pengoperasian akses internet. Layanan internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang berbeda. Hubungan dalam layanan internet memanfaatkan kemajuan media komunikasi dan sarana komunikasi data berupa suara, gambar, video, ataupun teks. Berikut ini merupakan beberapa layanan yang terdapat di dalam internet:

a. E-Banking


layanan internet banking


E-Banking atau juga bisa disebut dengan Internet Banking, merupakan kegiatan untuk melakukan sebuah transaksi pembayaran maupun transaksi lainnya dengan menggunakan website milik bank yang telah dilengkapi dengan sebuah sistem keamanan. Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan bisa berjalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di dalam internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk melakukan suatu transaksi dan juga untuk meng-update semua data pribadinya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat bisnis dari internet banking adalah sebagai berikut:


  • Aplikasi yang mudah digunakan.
  • Layanan yang dapat dijangkau dari mana saja dan kapan saja.
  • Menggunakan biaya yang murah.
  • Layanan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan (reliable).

Layanan internet banking di Indonesia telah di perkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun yang lalu. Beberapa bank besar seperti BUMN atau swasta di Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain ialah BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Lippo Bank, Permata Bank, dan lain-lain sebagainya.

b. E-commerce


pengertian internet


E-commerce (electronic  commerce) merupakan suatu layanan di internet yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan transaksi elektronik. Transaksi elektronik tersebut berbentuk penjualan barang-barang maupun properti dengan memanfaatkan fasilitas internet dan dilakukan secara online. Layanan di internet yang menyediakan fasilitas ecommerce, antara lain ialah, zalora.com, berniaga.com, olx.com, blibli.com dan masih banyak lagi. Seringkali kita dapati berbagai dampak dalam menggunakan fasilitas e-commerce, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Berikut ini dampak positif yang ditimbulkan dari ecommerce:

  • Dapat meningkatkan pangsa pasar
  • Menurunkan biaya operasional
  • Meningkatkan customer loyality


Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari e-commerce adalah sebagai berikut:


  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena penipuan
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis, seperti aliran listrik yang tiba-tiba padam
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen karena berbagai macam faktor, seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut


c. E-learning


pengertian layanan internet elearning


E-learning (electronic learning) merupakan kumpulan pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (Internet), baik secara formal maupun secara informal. E-learning secara formal misalnya, misalnya pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran, dan tes yang telah diatur serta disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati oleh pihak-pihak terkait. Pembelajaran seperti ini mempunyai tingkat interaksi yang tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum. E-learning juga dapat dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana. Misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter, ataupun dengan menggunakan website pribadi, organisasi, dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan, atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas.

d. E-mail

Merupakan sumber daya internet yang sangat penting dan paling sering dipakai. Email adalah sebuah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh antaraindividu atau komputer. Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan kepada individu yang lainnya dengan waktu yang sangat cepat, bahkan bisa hingga hitungan detik saja. Saat ini perkembangan e-mail sudah sangat pesat sekali, email tidak hanya digunakan sebagai saran untuk mengirimkan lampiran teks saja. Kita juga bisa melampirkan file multimedia, misalnya seperti gambar, foto, video dan juga animasi dengan menggunakan fasilitas email. Email juga dapat digunakan untuk mengirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berikut ini adalah beberapa situs yang menyediakan fasilitas dalam pembuatan akun email, antara lain misalnya ialah, Gmail (Google Mail), Yahoo.com, Hotmail dll.

e. FTP

FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke komputer atau dari sebuah komputer lainnya menggunakan jaringan internet. Fasilitas ini memungkinkan para pengguna Internet untuk melakukan pengiriman (Uploud) atau mengunduh (Download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Ribuan situs  FTP menawarkan banyak file yang dapat untuk di download. File-file yang dapat di download dapat berupa file-file yang berisi game, foto, dokument, artikel-artikel, program aplikasi dan lain-lain. FTP ini pada umumnya digunakan untuk sebagai sarana untuk mendukung kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan di internet. FTP juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses uploud suatu halaman web ke web server agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

f. Gopher

Gopher merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang berada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada bentuk teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet. Gopher menyediakan akses kedalam bentuk teks, grafik, dan juga suara digital. Akses pada gopher tersebut hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen yang harus di download menggunakan sebuah komputer lokal dan kemudian baru bisa dilihat dengan program lainnya. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang terdapad di internet. Misalnya telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh. Manfaat aplikasi gopher adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs.

g. Newsgroup

Secara garis besar, newsgroup dapat diartikan sebagai aplikasi internet yang digunakan untuk melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya melalui sebuah forum atau suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik dan tiap-tiap ruangan mempunyai topik perbincangan yang berbeda-beda. Pada setiap ruangan-ruangan newsgroup biasanya terdapat lebih dari satu orang yang saling bertukar informasi atau pendapat maupun untuk bertukar pikiran alias curhat hehe.. Sehingga apabila kita memberikan pendapat ke semua orang yang ada di ruangan tersebut, maka setiap anggota forum dapat mengerti dan memahami pendapat kita, newsgroup juga dianggap seperti halnya Bulletin Board yang ada disekolah-sekolah ataupun kantor, dimana setiap orang boleh meletakkan artikel-artikel atau pendapat-pendapatannya pada suatu papan pengumuman untuk di lihat dan di baca oleh semua orang. Dengan menggunakan aplikasi newsgroup, artikel atau surat yang kita kirim dapat dengan cepat terpaparkan pada bagin group yang kita inginkan. Bagian group tersebut merupakan ruang percakapan bagi anggota yang mempunyai kepentingan yang sama.

h. Search Engine

Search engine merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mencari sebuah informasi yang tersedia di dalam internet. Web search engine mengumpulkan sebuah informasi yang tersedia secara otomatis. Hasil dari pencarian data melalui search engine biasanya akan diurutkan berdasarkan tingkat akurasi dan popularitas data tersebut. Beberapa search engine mengumpulkan sebuah informasi atau data yang dicari dalam sebuah basis data atau biasa disebut dengan directori web. Dengan menggunakan search engine kita akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang kita cari dari berbagai sumber atau dari seluruh dunia. Nah berikut ini merupakan beberapa search engine yang terkenal, antara lain ialah: Google.com (kesukaan saya), Yahoo.com, Bing.com, duckduckgo, dll.

i. Telnet

Telnet (Tele Networking) merupakan suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang berada di komputer server. Cara untuk mengakses komputer server ialah dengan menggunakan beberapa tools yang telah di sediakan. Misalnya aplikasi untuk keperluan telnet ialah  Putty, Winscp, WinFTP dll. Mengakses komputer server juga dapat menggunakan terminal yang telah di sediakan di OS Windows. Dengan adanya telnet ini memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara remote melalui internet. sehingga kita dapat memberikan sebuah perintah kepada komputer lain, baik dalam membuat file, mengedit file, ataupun menghapus file, juga menjalankan sebuah perintah melalui komputer pribadi.

j. WWW (World Wide Web)

WWW merupakan sebuah sistem yang ada di dalam internet yang memiliki sebuah fasilitas pencarian dan pemberian informasi secara cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. Untuk menterjemahkan dokument hypertext kedalam bentuk dokumen yang dapat dipahami oleh pengguna, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah web server melalui protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dalam membuat hypertext dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau sebuah file dari sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut dengan HTML (Hypertext Markup Language). Agar file hypertext dapat dikirimkan, maka diperlukan sebuah protokol pendiriman data yang spesifik. Untuk menemukan setiap hubungan hypertext digunakan URL. Oleh karena itu, halaman WWW dapat disebut dengan istilah dokumen URL.

Nah sekain artike dari saya ini.. semoga bermanfaat dan terima kasih :)

sumber: Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi

0 Response to "Pengertian Internet Beserta Sejarah, Manfaat dan Layanan Yang di Sediakan Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel