Pengertian Pers Menurut Para Ahli

pengertian pers menurut para ahli

Pengertian Pers - Kebebasan pers merupakan salah satu unsur yang harus terpenuhi dalam negara demokratis. Sebuah negara belum dikatakan demokratis apabila negara tersebut masih memasung kebebasan pers di negaranya. Mengapa pers menjadi sangat penting keberadaannya dalam negara demokratis? Hal ini disebabkan karena pers merupakan media yang dapat digunakan oleh pemerintah dan rakyat dalam menyampaikan sebuah kebijakan maupun aspirasi untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan bersama yang di cita-citakan dalam sebuah negara demokratis. Kita harus ingat bahwa konsep dasar negara demokratis. Kita harus ingat bahwa konsep dasar negara demokratis adalah dari, oleh dan untuk rakyat. Oleh karena itu peran rakyat dalam mengambil kebijakan negara sangatlah penting dan sangat di butuhkan. Melalui adanya kebebasan pers, rakyat memiliki sebuah hak dan kesempatan untuk menyampaikan ide mereka, menyampaikan sebuah gagasan, maupun sebuah pandangan-pandangan yang diharapkan mampu menjadi bahan bagi pemerintah untuk mengambil sebuah kebijakan, dan kebijakan yang diambil oada akhirnya sesuai dengan keinginan rakyat.

A. Peranan Pers di Indonesia Dalam Masyarakat Demokrasi

1. Pengertian Pers Secara Umum


Istilah pers berasal dari bahasa Belanda, persen atau jika dalam bahasa inggris, press yang memiliki arti menekan. Istilah menekan sendiri pada dasarnya mengacu pada pengoperasian mesin cetak kuno, yaitu dengan di tekan keras agar menghasilkan karya cetak pada lembaran kertas. Karya cetak dalam bentuk lembaran kertas inilah yang menjadi asal muasal dari adanya surat kabar atau yang sekarang ini kita kenal dengan pers dalam arti sempit.

Seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat yang begitu cepat, pengertian pers pun telah mengalami perluasan dalam maknanya, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi di bidang komunikasi. Pada saat ini pers tidak saja diartikan sebagai surat kabar, akan tetapi telah meluas meliputi majalah, radio, televisi bahkan di internet yang kemudian dikenal dengan istilah media massa atau media komunikasi massa. Di Indonesia kehidupan pers diatur melalui sebuah Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Di dalam Undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pers merupakan sebuah lembaga sosial dan wahana komunikasi massal yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan sebuah informasi, baik dalam bentuk sebuah tulisan maupun dalam bentuk suara, gambar atau dalam bentuk suara dan gambar dan data juga dalam bentuk grafik, dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia. Sedangkan menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Istilah Pers mengandung beberapa makna sebagai berikut:

  • Usaha percetakan dan penerbitan.
  • Usaha pengumpulan dan penyiaran sebuah berita.
  • Penyiaran sebuah berita yang melalui surat kabar, majalah juga berita.
  • Orang yang bekerja dalam penyiaran sebuah berita.
  • Medium penyiaran berita, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi juga film.
Untuk memperluas sebuah pemahaman Sobat mengenai Pengertian Pers berikut ini akan saya jelaskan Pengertian Pers Menurut Para Ahli


Pengertian Pers Menurut Para Ahli

a. Pengertian Pers Menurut J.C.T Simorangkir

J.C.T Simorangkir mengartikan pers dalam dua pengertian, yaitu dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pers dalam arti sempit hanya terbatas pada surat kabar harian, mingguan, dan majalah. Sedangkan pers dalam arti luas tidak hanya meliputi media surat kabar saja ataupun tabloid mingguan namun juga mencakup media radio, televisi dan film.

b. Pengertian Pers Menurut Oemar Seno Adji

Seperti halnya J.C.T Simorangkir, Oemar Seno Adji juga mengartikan pers dalam dua pengertian yaitu pers dalam arti luas yang berarti semua media massa yang memancarkan pikiran dan perasaan seseorang, baik dengan sebuah kata-kata tertulis maupun kata lisan. Serta pengertian pers dalam arti sempit yang berarti penyiaran-penyiaran pikiran dan gagasan maupun sebuah berita  hanya dengan jalan kata-kataa tertulis.

c. Pengertian Pers Menurut McLuhan

McLuhan mengartiakn pers sebagai sesuatu yang menghubungkan satu tempat dengan temapt lain dan peristiwa satu dengan peristiwa lain pada sebuah momen yang terjadi secara bersamaan.

d. Pengertian Pers Menurut Kustadi Suhandang

Kustadi Suhandang mengartikan pers sebagai seni atau keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun dan menyajikan  berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya.

e. Pengertian Pers Menurut Weiner

Menurut Weiner, pers merupakan wartawan cetak atau media cetak publisitas atau peliputan berita dan juga media mesin cetak.

f. Pengertian Pers Menurut Gamle


Menurut Gamle, pers merupakan bagian dari komunikasi antara manusia, yang berarti media merupakan suatu saluran ataupun sarana dalam memperluas dan juga dalam memperjauh jangakaun proses penyampaian suatu pesan antarmanusia.

g. Pengertian Pers Menurut Raden Mas Djokomono

Menurut Raden Mas Djokomono pers merupakan sesuatu yang membentuk pendapat umum melalui sebuah tulisan dalam sebuah surat kabar.

Nah itulah beberapa pengertian Pers Menurut Para Ahli yang bisa saya tuliskan dalam blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "Pengertian Pers Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel