Peranan Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang


Perananan teknologi informasi - pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan untuk organisasi, melainkan juga  untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Teknologi informasi dapat dikatakan telah merasuki kesegala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari internet telah menjadi barang yang biasa yang dipakai oleh orang - orang dalam melakukan komunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa. Orang menjadi terbiasa dengan surat elektronik (e-Mail) dan mulai menjauhi penggunaan surat konvensional yang menggunakan kertas. Orang lebih suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat sebuah dokumen daripada menggunakan mesin ketik biasa.


Banyak hal yang telah terjadi, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Disini saya akan menyajikan beberapa agar dapat memberikan gambaran lebih detail.

Teknologi Informasi Dalam Dunia Perbankan

Teknologi informasi kini juga telah mewarnai dalam dunia perbankan. Kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada di mana saja. Pada perkembangan selanjutnya, sistem seperti ini juga dilengkapi dengan mesin-mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine) yang memungkinkan nasabah bisa mengambil uang tanpa harus tergantung oleh jam kerja bank. Ekspansi ATM juga dilakukan dengan membuat ATM bersama yang memungkinkan nasabah sebuah bank bisa mengambil pada ATM milik bank lain.

Tak puas dengan model layanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telephone, yang memperkenankan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja, langkah bank tak berhenti di situ, dengan semakin banyak perorangan yang mengakses internet, nasabah mulai dimanjakan dengan kemudahan untuk melakukan transaksi, misalnya dalam melakukan transaksi uang. Seorang bapak yang menjadi nasabah bank cukup duduk menghadap komputer yang berada di dalam rumahnya, mengakses situs bank, dan kemudian dengan mudah dapat menstransfer uang kedalam rekening anaknya. Dalam sekejap saldo tabungan anaknya telah bertambah dan proses itu bisa dilakukan di waktu tengah malam ketika sebagian besar orang-orang sedang nyenyaknya menikmati istirahat malam (tidur).


Masih banyak aplikasi lain di dalam dunia perbankan yang telah memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Beberapa bank memperkenalkan layanan yang disebut dengan layanan bergerak, yang memungkinkan pemakai dapat mengecek saldo tabungan ataupun melakukan transaksi seperti pemindah bukuan yang melalui sebuah ponsel.

Teknologi Informasi Didalam Dunia Pendidikan

Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur daru di dalam dunia pendidikan, sistem pengajaran dengan berbasis multimedia (Sebuah teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara dan juga video) yang dapat menjadikan penyajian masalah menjadi menarik, tidak monoton dan memudahkan penyampaian isi dalam sebuah materi yang di ajarkan. Seorang murid atau siswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi oleh sebuah program yang berbasiskan multimedia. Saat ini telah banyak sekali perangkat lunak yang dapat digolongkan sebagai edutaiment yang merupakan sebuah perangkat lunak perpaduan antara education (edukasi / pendidikan) dan entertaiment (sebuah hiburan).

Teknologi internet juga berperan dalam menciptakan e-learning atau bisa diartikan sebuah pendidikan berjarak jauh yang artinya kita dapat mengikuti suatu pembelajaran tanpa harus berada pada tempat pembelajaran tersebut. Misalnya kuliah tidak lagi harus dilakukan dengan suasanan pihak mahasiswa dan dosen bertemu didalam sebuah ruang kelas. Kuliah dapat dilakukan dengan cara mengakses sebuah modul-modul kuliah dari jarak yang tidak dekat. Begitu juga dengan pengiriman tugas yang diberikan oleh dosen dan juda dalam melakukan sebuah diskusi. Para mahasiswa dapat dengan leluasa dalam mengatur waktunya untuk belajar kapan saja dan juda dimana saja. Contoh situs yang memberikan fasilitas e-learning ialah geschool.

peranan teknologi informasi di bidang perbankan


Selain itu juga terdapat sebuah pembelajaran dengan medua streaming video yang memberikan fasilitas belajar dengan menggunakan streaming video, sehingga dapat lebih memudahkan pemakai yang ingin mencari sebuah informasi atau sekedar hanya ingin memperlajari sesuatu. Contoh dari pembelajaran streaming video ini adalah Quipper.



Teknologi Informasi Di Dalam Dunia Medis

Teknologi informasi juga telah diaplikasikan pada dunia permedisan. Telah banyak sekali rumah sakit yang telah memanfaatkan dan menggunakan kecanggihan dari perkembangan teknologi informasi ini, misalnya untuk menangi transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, bahkan dengan pasien. Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien yang dilakukan secara elektronis. Sistem informasi kadang diperluas tidak hanya untuk pemakai  internal saja melainkan juga untuk pemakai eksternal (Pengunjung). Untuk mencari informasi tentang seorang pasien (Misalkan apakah pasien masih menginap dirumah sakit tersebut atau sudah tidak menginap lagi serta dapat mengetahui dimanakah atau di kamar manakah pasien tersebut berada atau di rawat). Dengan begitu pengunjung dapat dengan langsung mengetahui sebuah informasi pasien dengan memanfaatkan sebuah aplikasi yang telah disediakan untuk keperluan tersebut, Dengan cara hanya mengetikkan sebuah nama (Pasiennya), maka sistem informasi akan menyajikan sebuah informasi yang menyimpan data tentang pasien yang memebuhi kriteria yang pengunjung cari tersebut.

Bukan hanya itu saja, kini teknologi informasi juga diterapkan bukan hanya pada Dunia Permedisan saja melainkan juga diterapkan pada peralatan medis juga. misalnya pada CT Scan (computer tomography). CT Scan merupakan sebuah peralatan yang memiliki kemampuan untuk mengambil gambar yang berada di bagian dalam tubuh manusia tanpa harus melakukan pembedaha terlebih dahulu, yakni dengan menggunakan teknologi sinar X. Prinsip kerja alat ini ialah seperti video dibawah ini :


Teknologi Informasi Untuk Kepolisian

Di dalam dunia kepolisian kita juga telah menggunakan kecanggihan dari teknologi informasi ini, hal ini bertujuan untuk membantu pihak kepolisian dalam melakukan sebuah pekerjaan atau aktivitas. Misalnya teknologi informasi yang digunakan kepolisian ialah teknologi untuk membuat sebuah SIM (Surat Izin Mengemudi). Dengan menggunakan teknologi informasi ini, yang melibatkan sebuah komputer, kamera digital, perekam sidik jari dan pencetak kartu SIM, hal ini memungkinkan untuk membuat SIM hanya dalam waktu yang singkat.

Teknologi kompresi gambar yang memungkinkan sidik jari dapat disimpan secara elektronik dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang di dalam sebuah media penyimpanan, sedangkan teknik pencocokan pola (pattern recognition) dapat digunakan untuk memudahkan pencarian sidik jari yang tersimpan dalam basis data.

Teknologi pengenalan wajah (face recognition) dapat digunakan untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan di dalam sebauh database yang di dasarkan oleh suatu sketsa wajah atau foto. Departemen kepolisian di California telah menggunakan basis data yang disebut Law Enforcement Automated Data System (LEADS) untuk melacak para mantan NAPI dan mencocokkannya dengan cepat terhadap foto tersangka.

Teknologi Informasi Untuk Perdagangan Elektronik

Perdagangan elektronik (E-Commerce) merupakan sebuah model perdagangan yang diciptkan dari kemajuan perkembangan teknologi internet. Dengan menggunakan jaringan internet ini transaksi secara elektronis telah menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik bagi organisasi dan juga perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan telah memberikan fasilitas untuk melakukan sebuah transaksi. Konsumen dapat melakukan  transaksi cukup dengan menggunakan sebuah komputer saja, tanpa harus bertemu secara langsung dengan pihak penjual, pembayaran bisa dilakukan dengan melalui kartu VISA atau yang semacamnya. Amazon[.]com merupakan contoh pelopor bisnis penjualan buku secara online, bahkan saat ini bukan hanya buku yang bisa di beli secara online, melainkan produk-produk seperti komputer dan juga peralatan rumah tangga sudah dapat dijual secara online. contoh lain dari ecommerce ialah marketplace, ialah sebuah toko online yang menyediakan berbagai jenis barang - barang yang banyak dibutuhkan oleh manusia, yang bisa didapatkan dengan online ialah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee OLX dan lain sebagainya.


Teknologi Informasi Untuk Perancangan Sebuah Produk

Merancang sebuah produk dengan memanfaatkan bantuan teknologi informasi merupakan sesuatu yang sudah umum dilakukan saat ini. Dengan menggunakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang bernama CATIA (Computer-Aided Three-Dimensional Interactive Application) buatan Dassault Systems, Perancis, memungkinkan sebuah pabrik dapat merancang sebuah mobil atau sebuah pesawat terbang tanpa menggunakan sebuah kertas. Dodge dan DaimlerChrysler merupakan contoh sebuah perusahaan yang memanfaatkan perangkat lunak ini dalam mewujudkan desain sebuah mobil beserta lengkap dengan komponen-komponennya dan bahkan untuk mengujinya sekaligus. Boeing Company, merupakan sebuah industri sebuah pesawat terbang terbesar di Amerika, juga menggunakan CATIA untuk merancang pesawat terbang. Hal yang menarik dengan menggunakan software tersebut ialah perusahaan ini membuat sebuah inovasi yang melibatkan pelanggan dalam melaksanakan perancangan dan pengujian. Software yang sama juga digunakan oleh industri pesawat terbang di Indonesia, IPTN, sementara itu PT PAL Indonesia telah lama menggunakan perangkat lunak CAD-CAM bernama foran untuk mendesain dan membuat kapal.

Bukan hanya itu, Para perancang rumah juga dapat menggunakan perangkat lunak yang khusus ditujukan untuk keperluan itu, misalnya 3D Home Architect (Broderbund Software, Inc.) Dengan program seperti ini perancang dapat membuat tata letak ruangan dan kemudian melihat hasilnya dengan berbentuk 3 Dimensi.

peranan teknologi informasi dalam organisasi, peranan teknologi informasi dalam pendidikan, peranan teknologi informasi dalam bidang transportasi, peranan teknologi informasi dalam dunia medis, peranan teknologi informasi dalam bisnis, peranan teknologi informasi dalam berbagai bidang, peranan teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja profesi, peranan teknologi informasi dalam perbankan, peranan teknologi informasi di bidang perbankan


sumber : Pengantar Teknologi Informasi edisi Revisi / Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni / 2013

0 Response to "Peranan Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel