Janji Pahala Bagi Orang Yang Berjalan Menuju Ke Masjid Untuk Mengerjakan Sholat

Ancaman bagi orang yang meninggalkan sholat

Shalat merupakan tiang agama yang hanya dengan tiang tersebut agama Islam akan tegak. Selain itu, shalat merupakan ibadah pertama yang diwajibkan Allah dan hal pertama yang akan di hisab dari diri seorang hamba kelak. Disisi lain, shalat adalah wasiat terakhir yang disampaikan oleh Baginda Rosulullah untuk umatnya saat beliau akan wafat. Selain itu, shalat merupakan tiang agama. Jika tiang tersebut roboh, maka runtuhlah pondasi agama seluruhnya

Allah SWT telah berfirman,

"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan." (Maryam:59)

"Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta." (Thaha:124)

Sementara itu, Jabir bin Abdullah r.a meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW telah bersabda,

"Hal yang bisa menyebabkan seorang muslim dianggap kafir adalah meninggalkan shalat." (HR. Muslim)

Berkaitan dengan hal itu, Buraidah r.a pernah bercerita juga bahwa Rosulullah SAW telah bersabda,

"Janji yang terikat antara kita dengan mereka adalah shalat. Jadi, barangsiapa yang meninggalkannya, berarti telah menjadi kafir." (HR. Tirmidzi, termasuk hadis hasan sahih menurutnya)


Janji Pahala Bagi Orang Yang Berjalan Ke Masjid

Janji pahala bagi orang yang berjalan ke masjid

"...Dan (katakanlah), 'Luruskan muka (diri)mu di setiap shalat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya..." (al-A'raf:29)

Dan Allah SWT juga telah berfirman, "Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian..." (at-Taubah:18)

Abu Hurairah r.a juga pernah meriwayatkan sebuah hadist bahwa Rosulullah SAW telah bersabda,

"Barangsiapa pagi-pagi berjalan ke masjid atau sore harinya, maka Allah akan menyiapkan sebuah tempat di surga, sebagaimana dia pergi di pagi atau sore hari." (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Buraidah r.a bahwa Nabi SAW bersabda,

"Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan ke masjid di waktu gelap dengan cahaya yang terang benderang di hari kiamat." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Al-Mundziri menegaskan bahwa perawinya dapat dipercaya)

Abu Hurairah r.a juga meriwayatkan, "Aku mendengar Nabi SAW bersabda,

"Tujuh golongan yang akan mendapatkan perlindungan Allah pada hari dimana hanya perlindungan-Nyalah yang ada, yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang  selalu beribadah kepada Allah, laki-laki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul ataupun berpisah juga karena Allah, laki-laki yang diajak perempuan berderajat tinggi lagi cantik, kemudian menjawab, 'Sungguh saya takut kepada Allah, 'laki-laki yang bersedekah kemudian menyembunyikan sehingga tangan kiri tidak mengetahui yang di infaqkan tangan kanannya dan laki-laki yang selalu mengingat Allah saat tidak dilihat orang lain, hingga kedua matanya menangis." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Musa r.a berkata, "Rosulullah SAW bersabda,

'Sungguh, orang yang paling besar pahalanya karena menunaikan shalat adalah orang yang paling jauh jalannya."  (HR. Muslim)

Sumber artikel : Ziyad Book

0 Response to "Janji Pahala Bagi Orang Yang Berjalan Menuju Ke Masjid Untuk Mengerjakan Sholat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel