Pengertian Sistem Operasi Linux (Opensource)

pengertian linux

Pengertian Linux - Linux merupakan sistem operasi komputer yang bertype Unix. Linux merupakan salah satu contoh dari hasil pengembangan oerangkat lunak bebas (gratis) dari sumber terbuka. Seperti halnya perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya. Kode sumber linux dapat dimodifikasi (edit) dan bebas untuk didistribusikan kembali oleh siapa saja secara bebas.

Nama linux ini berasal dari nama pembuatnya, Linus Torvalds pada tahun 1991. Peralatan sistem dan pustakanya berasal dari Sistem Operasi GNU, yang diumumkan oleh Richard Stalman pada tahun 1983. Kontribusi GNU inilah yang kemudian menjadi dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Para pengamat Teknologi Informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor independence, biayanya operasional yang rendah dan kompatibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan versi UNIX tak bebas. dan juga dari faktor keamanan dan kestabilannya yang sangat tinggi  jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya misalnya Microsoft Windows. Hal ini menjadi bukti keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (Opensource Software)

Design Linux

Linux adalah sistem operasi bertipe UNIX modular. Linux ini memiliki banyak sekali design yang berasal dari desain dasar Unix. Linux menggunakan design kernel monolitik, kernel Liny
 yang  menangani kontrol proses, jaringan, periferal dan pengaksesan sistem berkas. Device driver pada linux telah terintegrasi ke dalam kernel.

Pengembangan

pengembangan sistem operasi linux

Perbedaan utama antara linux dan sistem operasi lainnya adalah terletak pada kernel Linux dan komponen-komponen yang bebas dan juga terbuka. Linux bukanlah satu-satunya sistem operasi dalam kategori tersebut. Meskipun Linux merupakan contoh terbaik dan terbanyak digunakan.

Sistem linux berkaitan erat dengan standar-standar POSIX, SUS, ISO, dan ANSI. Akan tetapi baru distribusi Linux-FT saja yang mendapatkan sertifikat POSIX.


Hak Cipta dan Merek Dagang Linux

Pengertian Linux Sebagai Sistem Operasi Gratis

Linux kernel dan juga sebagian besar dari perangkat lunak GNU adalah menggunakan GNU General Public License (GPL) sebagai basis licensenya. GPL mengharuskan siapapun yang mendistribusikan kernel linux harus membuat kode sumber (dan semua modifikasi atas itu). Pada tahun 1997 Linus Torvalds menyatakan "Menjadikan Linux berbasis GPL sungguh merupakan hal terbaik yang pernah saya lakukan". Komponen penting lain dalam sistem Linux diijinkan menggunakan lisensi dari GPL; banyak pustakan menggunakan GNU Lesser General Publick License (LGPL), varian GPL yang lebih miderat, dan sistem X WIndow System menggunakan MIT License.

Linus Torvalds menyatakan ke khalayak umum bahwa ia tidak akan memindahkan lisesnsi kernel Linux yang saat ini menggnakan GPL versi 2ke GPL versi 3, yang dikembangkan pada tahun 2007. Dengan alasan beberapa ketentuan yang terdapat pada lisensi baru tersebut melarang pengguanan perangkat lunak dalam menejemen hak digital.

sumber: wikipedia

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi Linux (Opensource)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel