Perintah & Keutamaan Menjaga Shalat Lima Waktu

keutamaan sholat 5 waktu

Keutamaan Menjaga Shalat 5 Waktu   - Shalat ialah sebentuk ibadah yang mencakup ucapan dan perbuatan khusus yang diawali dengan takbirotul ihrom serta ditutup dengan salam. Dalam tuntunan Islam shalat mempunyai kedudukan  yang tidak sepadan dengan ibadah-ibadah yang lain. Shalat merupakan tiang agama yang hanya dengan tiang tersebut agama Islam akan tegak. Selain itu, shalat merupakan ibadah pertama yang diwajibkan Allah dan hal pertama yang akan di hisab dari diri seorang hamba kelak. Disisi lain, shalat adalah wasiat terakhir yang disampaikan oleh Baginda Rosulullah untuk umatnya saat beliau akan wafat. Selain itu, shalat merupakan tiang agama. Jika tiang tersebut roboh, maka runtuhlah pondasi agama seluruhnya.

Perintah Menjaga Shalat Lima Waktu

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT telah berfirman beberapa kali, diantaranya adalah sebagai berikut.

“Peliharalah semua shalat (mu), dan (peliharalah) shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusuk. Jika kamu dalam keadaan takut (bahaya), maka shalatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kamu telah aman,maka sebutlah Allah (shalatlah), sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”
(al-Baqarah: 238-239)

“Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama Orang Tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang – orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini, supaya Rosul itu menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.”
(al-Hajj: 78)

Sementara itu, Ibnu Mas’ud r.a juga telah meriwayatkan seabagai berikut: 

“Aku pernah bertanya kepada Rosulullah SAW amal saleh apa yang paling afdhal?,
Rosulullah SAW menjawab, ‘Menunaikan shalat tepat pada waktunya.’
Akupun bertanya, ‘Apalagi Rosulullah?’
Rosulullah SAW menjawab, ‘Berbakti kepada kedua Orang Tua.’
Aku kembali bertanya, ‘Apalagi, Rosulullah?’
Rosulullah SAW menjawab, ‘Berjihad di jalan Allah.’”
(HR. Bukhori dan Muslim)

Ibnu Umar r.a juga telah meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW telah bersabda sebagai berikut.

“Agama Islam itu didirikan di atas lima pondasi, yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rosulullah, mendirikan sholat, membayar zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan.”
(HR. Bukhori dan Muslim)

Baca Juga Hal-hal Yang Menyebabkan Wajib Mandi


Keutamaan Shalat Lima Waktu

Allah SWT berfirman,

“Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang.” (al-A’la: 14-15)

“Sesungguhnya beruntunglah orang – orang yang beriman, (yaitu) orang – orang yang khusyuk dalam sembahyangnya,” (al-Mu’minun:1-2)

Abu Hurairah r.a juga telah meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW telah bersabda sebagai berikut,

“Shalat lima waktu, satu Jum’at dengan Jum’at selanjutnya dan Ramadhan sampai Ramadhan berikutnya dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan antara masing-masing jika memang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

Ustman bin Affan r.a juga berkata,

“Demi Alla, aku sangat berkeinginan untuk mengatakan kepada kalian sebuah hadist. Jika bukan karena sebuah ayat Al-Qur’an, sungguh aku pun tidak akan mengatakan hadist tersebut. Dalam hal ini, kau telah mendengar Rosulullah SAW bersabda,

‘Tidak seorang hamba pun yang mengambil air wudhu dan menyempuranakan, lalu menunaikan shalat kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosa yang dilakukan antara shalatnya dengan shalat yang akan datang.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Pahala Shalat dan Zikir

keutamaan sholat berjamaah

Abu Malik al-Asy’ari r.a pernah meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW telah bersabda,

“Bersuci adalah setengah iman, ucapan Alhamdulillah itu bisa memenuhi timbangan, ucapan SubhanAllah dan Alhammdulillah itu bisa memnuhi ruang antara langit dan bumi, shalat itu adalah sumber cahaya, shodaqoh adalah bukti, kesabaran adalah sorotan sinar, dan Al-Qur’an itu bisa menjadi hujjah (alasan) pembela dirimu atau hujjah yang bisa menyerang dirimu.” (HR. Musli)

Terima Kasih semoga bermanfaat, sumber artikel : Ziyad Book

0 Response to "Perintah & Keutamaan Menjaga Shalat Lima Waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel