7 Daftar Framework PHP Terbaik Untuk Para Pengembang Aplikasi Berbasis Web

framework php terbaik

Daftar Framework PHP Terbaik - PHP merupakan kependekan dari “PHP: Hypertext Prepocessor“, ialah sebuah bahasa pemrograman yang banyak dipakai secara luas untuk menangani pembuatan dan pengembangan sebuah aplikasi berbasis website dan juga dapat dipakai bersamaan dengan HTML. PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pertama kali pada tahun 1994. Di awalnya PHP merupakan singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Kemudian diganti dengan FI (“Forms Interpreter”). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini ganti menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan kependekannya ialah biasa disebut dengan “PHP”. Sekian banyak sebuah website yang telah menggunakan bahasa PHP, di antaranya merupakan NASA, Mitsubishi, dan RedHat, begitupun dengan WordPress yang juga menggunakan bahasa pemrograman PHP. Seperti pada tagline di situs reminya “PHP merupakan tujuan umum bahasa scripting terpopuler yang sangat cocok untuk pengembangan web. Cepat, fleksibel dan pragmatis, kekuatan PHP untuk segala sesuatu dari mulai untuk blog hingga situs-situs yang paling populer di dunia”.

Saat ini para developper web di tuntut untuk membangun web atau aplikasi web dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, dan di atas tuntutan tingkat kompleksitas tertentu tentunya akan bisa menghabiskan waktu yang sangat banyak dan kerumitan jika selalu diharuskan untuk memulai dari awal, dengan begitu datanglah sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut dan di buatlah framework atau kerangka terstruktur untuk pembangunan sebuah aplikasi yang berbasiskan pada web.

Dalam artikel kali ini gopensil akan memberikan 7 daftar framework php terbaik atau kerangka PHP populer yang terbaik dapat memfasilitasi dan merampingkan proses pembangunan sebuah website yang bisa Sobat coba dalam membangung proyek website Sobat.

Mengapa Menggunakan PHP Framework?

Sebelum kita menuju pada inti pada artikel daftar framework php terbaik ini, sebaiknya kita mengetahui alasan utama mengapa banyak pengembang web ingin menggunakan Framework terbaik untuk PHP dan bagaimana framework ini dapat menaikkan level proses pembangunan sebuah proyek website Sobat.

Berikut ini adalah alasan Sobat harus menguasai framework php terbaik ini, ialah agar sobat dapat :

  1. Untuk mempercepat proses pengembangan sebuah website.
  2. Untuk memberikan kode yang terorganisir dengan baik, kode dapat digunakan dan dipelihara kembali suatu saat dibutuhkan.
  3. Memungkinkan Sobat untuk tumbuh dari waktu ke waktu sebagai sebuah aplikasi web yang berjalan pada kerangka kerja yang terstruktur.
  4. Meminimalisir kekhawatiran tentang keamanan tingkat rendah dari sebuah situs.
  5. Memakai pola MVC atau Model View Controller yang berfungsi untuk menjamin pemisahan antara sebuah presentasi dan juga logika.
  6. Code dan file teroganisir dengan sangat baik.
  7. Memiliki banyak komunitas pendukung pengembangannya.
Kumpulan Framework PHP Terbaik - Dalam penggunaan framework Sobat akan sering menemukan istilah tentang MVC, berikut sedikit pengertian tentang MVC dibawah ini.
Mengenal Konsep MVC

MVC merupakan singkatan dari "Model View Controller", MVC merupakan sebuah alur kerja dari sebuah Framework PHP. Dengan menggunakan konsep Model View Controller ini, berbagai macam logika dan layout dipisahkan, sehingga membuat programmer dan designer web dapat mengerjakan tugas masing-masing secara fokus. Konsep model MVC juga dapat menuntun para programmer untuk membangun web dengan terstruktur.

Model : mewakili mendasari, struktur logis dari data dalam aplikasi perangkat lunak dan class tingkat tinggi yang terkait dengannya. Model objek ini tidak berisi informasi tentang user interface.

View : yang merupakan kumpulan dari class yang mewakili unsur-unsur dalam antarmuka pengguna (semua hal pengguna dapat melihat dan menanggapi pada layar, seperti tombol, kotak display, dan sebagainya.

Controller : yang merupakan class yang menghubungkan model dan tampilan, dan dipakai untuk berkomunikasi antara kelas dalam model dan view.

1. Laravel




laravel framework PHP terbaik

Lavarel merupakan kerangka pengembangan aplikasi web PHP gratis untuk pengembangan aplikasi web mengikuti model-view-controller (MVC) pola arsitektur yang diciptakan oleh Taylor Otwell. Meskipun Laravel merupakan framework PHP yang terbilang baru (dirilis pada 2011), namun menurut survei online Sitepoint baru-baru ini merupakan kerangka paling populer di kalangan pengembang sebuah aplikasi berbasis website. Laravel juga memiliki ekosistem besar dengan instant hosting dan penyebaran platform yang sangat luas, sobat dapat melihatnya pada website resminya yang telah menyediakan banyak tutorial screencast yang disebut dengan Laracasts.

Laravel memiliki banyak sekali fitur yang membuat pembangunan sebuah aplikasi dengan waktu yang sangat singkat. Laravel juga memiliki engine template ringan sendiri yang disebut dengan “Blade”, syntax yang elegan yang memfasilitasi tugas Sobat seperti authentication, sessions, queueing, caching and RESTful routing. Laravel juga telah mencakup lingkungan pembangungan lokal yang disebut dengan packaged Vagrant box.

2. Symfony


framework php terbaik symfony

symfony framework PHP terbaik

Symfony merupakan sebuah framework PHP terbaik yang di ciptakan dengan tujuan untuk mempersingkat pembangunan dan pemeliharaan sebuah aplikasi berbasis web dan untuk menggantikan tugas-tugas coding yang dikerjakan secara berulang - ulang. Komponen dari Framework php Symfony ini juga dipakai oleh banyak proyek besar misalnya adalah digunakan oleh CMS Drupal, maupun forum software php lainnya, begitu juga Framework Laravel yang gopensil sebutkan diatas juga bergantung pada symfony. framework php Symfony ini memiliki banyak sekali komunitas pengembang yang luas dan banyak penggemar fanatik.

Symfony akan bisa memakai kembali Library PHP, yang mempunyai banyak sekali fungsi dalam menyelesaikan sebuah tugas-tugas yang berbeda, misalnya pembuatan form, konfigurasi objek, routing, otentikasi, template, dan banyak lainnya. Sobat dapat menginstal salah satu komponen dengan Composer PHP manager. Pada Website Symfony juga terdapat  bagian showcase yang menunjukkan beberapa proyek mengesankan yang dibangun dengan Framework Symfony.

3. CodeIgniter


framework php terbaik codeigniter

codeigniter framework php terbaik

CodeIgniter merupakan framework PHP yang sangat ringan, framework php iniawalnya dirilis pada tahun 2006. CodeIgniter memiliki proses instalasi yang sangat mudah untuk digunakan yaitu hanya membutuhkan konfigurasi yang sangat minim, sehingga membuat pengembang dapat menghemat banyak waktu. Hal ini juga dapat membuat Sobat terhindar dari konflik versi PHP, karena framework php ini bekerja dengan baik pada hampir semua platform shared hosting maupun dedicated hosting.

CodeIgniter tidak secara ketat didasarkan pada pola pengembangan MVC. Menggunakan Class Controller merupakan sebuah kewajiban, namun Model dan View merupakan pilihan yang opsional, dan Sobat juga dapat menggunakan coding dan penamaan konvensi seuai dengan keinginan Sobat sendiri, itu membuktikan bahwa CodeIgniter memberikan kebebasan besar bagi para pengembang. Framework ini juga dijuluki sebagai sebuah Framework PHP yang ramping, dapat Sobat masih dapat menambahkan untuk menambahkan plugin pihak ketiga jika Sobat membutuhkan fungsionalitas yang lebih rumit.

4. Yii 2

framework php terbaik yii

yii framework PHP terbaik

Yii Framework merupakan sumber terbuka, object-oriented dan juga berbasis MVC untuk sebuah kerangka aplikasi web PHP. Yii  merupakan Framework PHP yang dapat memberikan dorongan untuk sebuah kinerja situs agar menjadi lebih cepat dari framework PHP yang lainnya, karena secara ekstensif menggunakan teknik lazy loading. Yii 2 merupakan murni object-oriented, dan hal ini didasarkan pada DRY (Don’t Repeat Yourself) coding konsep, dengan begitu hal ini akan memberikan kode dasar yang cukup bersih dan logis.

Yii 2 telah terintegrasi dengan jQuery, yang telah dilengkapi dengan serangkaian fitur AJAX-enabled, dan di implementasikan dengan mekanisme skining dan theming yang mudah untuk dipakai, sehingga dapat menjadi sebuah pilihan yang baik untuk seseorang yang berasal dari latar belakang frontend. Ini juga memiliki class class code generate yang sangat kuat yang disebut Gii yang memfasilitasi pemrograman berorientasi objek dan prototyping yang cepat, dan telah dilengkapi antarmuka berbasis web yang memungkinkan Sobat untuk interaktif dalam menghasilkan kode yang Sobat inginkan.

5. Phalcon


framework php terbaik phalcon

Phalcon framework PHP terbaik


Phalcon merupakan Framework yang dibangun pada tahun 2012, memiliki kinerja yang sangat tinggi untuk aplikasi web PHP yang didasarkan pada pola model-view-controller (MVC). Tidak seperti kebanyakan framework PHP lainnya, Phalcon telah diimplementasikan sebagai perpanjangan yang ditulis dalam bahasa C. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kecepatan eksekusi dan untuk mengurangi penggunaan sumber daya dengan tujuan agar dapat menangani lebih permintaan per detik daripada kerangka kerja yang sebanding yang ditulis dalam PHP. Salah satu kelemahan dari phalcon ini merupakan akses administratif yang diperlukan pada server untuk menginstal Phalcon dengan membangun biner kustom atau menggunakan satu precompiled.

Framework phalcon ini dikemas dengan banyak sekali fitur pendukung yang keren misalnya auto-loader universal, manajemen aset, keamanan, terjemahan, caching, dan banyak lainnya. Phalcon juga merupakan framework PHP yang terdokumentasi dengan baik dan mudah dipakai.

6. CakePHP



framework php terbaik cakephp

Cakephp framework PHP terbaik

CakePHP merupakan framework PHP yang satu tahun lebih tua dari CodeIgniter, namun framework ini tetap menjadi kerangka kerja PHP yang masih populer, hal ini dikarenakan framework ini selalu berhasil menjaga perkembangannya, seiring dengan berjalannya waktu. Versi terbaru, CakePHP 3.0 ditingkatkan pada menejemen session, dan telah melakukan peningkatkan modularitas oleh decoupling beberapa komponen, dan meningkatkan kemampuan dalam menciptakan perpustakaan mandiri yang lebih powerfull.

CakePHP telah dipakai oleh banyak situs-situs besar seperti BMW, Hyundai, dan Express. Framework php ini merupakan alat yang sangat baik untuk menciptakan sebuah aplikasi website yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi, karena framework php ini juga memiliki banyak fitur keamanan built-in misalnya validasi input, pencegahan SQL injection, pencegahan XSS (cross-site scripting), CSRF (cross-site request forgery), dan masih banyak lagi.

7. Zend Framework


framework php terbaik zend

Zend framework PHP terbaik

Zend merupakan kerangka kerja PHP atau framework php yang sangat kuat dan juga stabil, yang dikemas dengan berbagai pilihan konfigurasi. Oleh karenanya, biasanya tidak rekomendasikan untuk proyek-proyek kecil namun sangat baik untuk proyek yang lebih kompleks. Zend mempunyai mitra seperti IBM, Microsoft, Google dan Adobe. Kedatangan rilis utama Zend Framework 3 akan dioptimalkan untuk PHP 7, namun masih akan mendukung PHP 5.5 dan seterusnya.

Pada saat rilis Zend Framework 2 juga menghadirkan banyak sekali fitur-fitur keren misalnya, alat coding kriptografi, sebuah drag dan drop Editor mudah dipakai dengan dukungan untuk teknologi front-end (HTML, CSS, JavaScript), debugging instan online, satuan tools pengujian PHP, dan Database Wizard yang terhubung. Zend Framework diciptakan dengan metodologi Agile yang memfasilitasi aplikasi berkualitas tinggi kepada klien perusahaan.


Nah itulah 7 jenis Framework PHP terbaik versi Gopensil yang dapat Sobat pilih untuk Sobat gunakan dalam mempelajari atau mengembangkan sebuah aplikasi berbasis website atau aplikasi lainnya dengan lebih mudah dan selamat mencoba. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya

sumber : disini

0 Response to "7 Daftar Framework PHP Terbaik Untuk Para Pengembang Aplikasi Berbasis Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel