Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan Lengkap Dengan Artinya

Pengertian atau makna arti dari jazakallahu khoiron - Tidak terdapat sebuah dalil khusus yang membahas tentang bagaimana cara menjawab ucapan Jazakallah Khoiron dan Syukron atau jazakillah (untuk perempuan), jazakumullah, jazakumullah khoiron, dan syukron katsir.

jazakallah artinya,jazakallahu khairan untuk wanita,menjawab jazakallah,pengertian jazakallah khairan,jazakallahu khairan perempuan
youtube.com

Jazakallah ini memiliki arti ialah "semoga Allah membalasmu". Pada kalimat "Jazakallah" tersebut alangkah baiknya jika ucapan Jazakallah tersebut dilengkapi dengan "Khoiron" sehingga menjadi "Jazakallah Khoiron" yang berarti "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan". Karena jika kita hanya mengucapkan Jazakallah saja, itu memiliki arti Semoga Allah membalasmu, sehingga kurang baik, karena maksudnya membalasmu tentang apa? karena kita mendoakan kebaikan kepada seseorang.

Pada umumnya, kita membalas ucapan Jazakallah Khoiron tersebut dengan ucapan "waiyyaka (laki-laki)/waiyyaki (perempuan)" (untukmu juga) atau "amin" (semoga Allah mengabulkan).


Hadits tentang Jazakallah/Jazakumullah

Ada sebuah hadits yang menjelaskan sunnahnya mengucapkan kalimat “jazakallahu khairan”. Dari Usamah bin Zaid r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan jazaakallahu khair (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.”

(HR.Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, dan Al-Bazzar).

Ada beberapa ketentuan dalam mengucapkan jazakallah:
  • Jazakallahu khairan (untuk disampaikan kepada laki-laki)
  • Jazakillahu khairan (untuk perempuan)
  • Jazakumullahu khairan (untuk orang banyak/kamu sekalian)


Makna jazakallahu khairan




penulisan jazakumullah yang benar

jazakallah untuk perempuan,jazakallahu khairan untuk lelaki,jazakallahu khairan suamiku,jazakallah adalah,balasan jazakallah khairan
diariesofadarululoomboy.wordpress.com
Jazaa artinya "semoga memberi/menambah/membalas", ka = "engkau" (lelaki tunggal), Allah = Allah. Jazakallah (جَزَاكَ اللهُ) artinya “semoga Allah membalasmu”, kalimat ini dipakai sebagai ungkapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikannya (tunggal / kamu).

Jazaa = "membalas", kum = kalian (jamak), Allah = Allah. Jazakumullah (جَزَاكُمُ اللهُ) artinya “semoga Allah akan membalas kalian”, kalimat ini dipakai sebagai ungkapan terima kasih atas kebaikan seseorang/sekelompok orang, dan juga sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikan mereka (jamak/orang banyak).

Penggunaan kalimat Jazakallah atau Jazakumullah ini, masih kurang lengkap (kurang tepat) meskipun maknanya atau maksudnya sudah dapat dipahami sebagai ungkapan terima kasih dan sekaligus sebagai sebuah do’a semoga Allah akan membalas kebaikanya/mereka.

Untuk lengkapnya setelah Jazakallah atau Jazakumullah maka harus ada penyebutan dalam hal apa Allah akan membalasnya. Maka setelah kata Jazakallah atau Jazakumullah harus ada kalimat penjelasannya, yakni kalimat Khairan Katsiran (خَيْرًا كَثِيْرًا). Khairan artinya kebaikan, sedangkan Katsiran artinya banyak

jazakallah dan jazakumullah,arti dari jazakallahu khoiron katsiron,jawaban dari jazakallahu khoiron,jawaban dari jazakallah khoir,gambar jazakallahu khairan
inspirasidata.com


Menjawab jazakallah khairan

Untuk menjawab kalimat atau ucapan "Jazakallah Khoiron" akan saya berikan contoh di bawah ini, ya InsyaAllah bisa bermanfaatlah buat kalian yang masih belajar dan masih nggak ngerti tentang ucapan kalimat ini, sama kayak saya nggak ngerti juga.

Misalnya ada teman sobat yang mengucapkan kalimat Jazakallah Khoiron pada sobat, maka sobat hanya perlu menjawab dengan kalimat "waiyyaka (lk) / waiyyaki (pr)" nah nggak terlalu sulit kan


www.startwithbismillah.com

Nah itulah yang bisa saya bagikan ke sobat, semoga dapat bermanfaat, dan saya sangat memohon kepada sobat pembaca blog saya, jika terdapat kesalahan atau sebuah kekurangan dalam pengucapan tersebut harap segera sobat bilang kesaya, agar saya memperbaikinya, karena saya juga bukanlah orang yang memahami hal hal seperti di atas itu..

terima kasih... wassalamu'alaikum :)

0 Response to "Cara Menjawab Ucapan Jazakallah Khairan Lengkap Dengan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel