Pengertian Design Grafis Menurut Para Ahli

Assalamu'alaikum sobat gopensil, Alhamdulillah semoga kita masih diberikan kesehatan dan juga rezeki yang halal dan barokah ya.. aminn. Nah kali ini gopensil akan sedikit berbagi catatan semasa sekolah, jadi artikel ini sumbernya berasal dari catatan sekolah saya hehe, dari pada tidak ada yang baca, mending saya uploud di blog ini, kan siapa tau bermanfaat hehe. Nah bagi sobat yang mungkin saja ingin memahami atau sekedar ingin mengetahui tentang Design Grafis, berikut ini gopensil akan memberikan keterangan dan juga Pengertian Design Grafis Menurut Para Ahli dan InsyaAllah semoga lengkap. Yuk silahkan di simak ya :)


pengertian design grafis menurut para ahli
brandishspear.com

Pengertian Design Grafis

Menurut Suyanto, design grafis adalah:
 “Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan suatu produk, menciptakan identitas visual untuk industri, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, design informasi dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Menurut Jessica Helfand, design grafis adalah:
Kombinasi komplek kata-kata dan gambar, angka-angka dan juga grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang dapat menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subservis atau sesuatu yang mudah untuk diingat.”

Menurut Danton Sihombing, desaign grafis merupakan:
Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.”
pengertian desain grafis menurut para ahli
http://uprint.id

Dari beberapa pendapat diatas design grafis dapat disimpulkan:

Design grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam design grafis, teks juga dianggap design gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Design grafis diterapkan dalam design komunikasi dam fine art.
Seperti jenis design lainnya, design grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan.
Seni design grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan juga tata letak.


Batasan Media

Design grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, design grafis juga diterpakan pada media elektronik, yang sering kita sebut sebagai design grafis interaktif atau desin multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang design. Design grafis bisa diterapkan menjadi sebuah design lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Secara garis besar, design grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
  1. Printing (Percetakan) yang memuat design buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan media publikasi lain yang memiliki kesamaan atau sejenis.
  2. Web design, ialah sebuah design yang dikhususkan untuk sebuah halaman web.
  3. Identifikasi (logo), EGD Environmental Graphic Design) merupakan design profesional yang mencakup design grafis, design arsitek, design industri, dan arsitek taman. Design produk, pemaketan dan sejenisnya.
peralatan desain grafis
www.shopback.co.id




Peralatan design grafis

Peralatan yang digunakan oleh designer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan juga komputer. Sebuah konsep ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah design sebeblum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan tahun 1980-an kedatangan desktop publising serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi designer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah dikerjakan.
  1. Design grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
  2. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan ataupun dengan bantuan teknologi komputer
Nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, tunggu updatenya ya sobat gopensil, terima kasih Wassalamu'alaikum wr. wb

0 Response to "Pengertian Design Grafis Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel