Pengertian Tumbuhan Lengkap Dengan Contoh Dan Gambarnya


Pengertian Tumbuhan - Tumbuhan adalah salah satu dari klasifikasi makhluk hidup. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang memiliki fungsi sebagai media untuk menciptakan sebuah makanan dan sebagai proses berfotosintesis. Dalam ilmu biologi, tumbuhan merupakan termasuk dalam organisme yang disebut Regnum Plantae yang merupakan sebuah organisme multiseluler atau terdiri atas banyak sel. Tercatat sekitar 350.000 lebih spesies tumbuhan, dari jumlah yang telah disebutkan tersebut terdapat 258.000 jenis, merupakan sebuah tumbuhan berbunga dan 18.000 lainnya merupakan jenis tumbuhan lumut. Hampir semua anggota tumbuhan memiliki sifat autotrof dan mendapatkan energi langsung dari cahaya matahari, dengan melalui proses fotosintesis.

pengertian tumbuhan
www[.]zonasiswa[.]com

Ciri ciri yang mudah dikenali pada tumbuhan hijau yang dominan akibat sebuah kandungan pigmen klorofil yang memiliki peran vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis sehingga tumbuhan secara umum bersifat autotrof.

Beberapa pengecualian, misalnya pada sejumlah tumbuhan parasit. Hal ini terjadi karena diakibatkan oleh adaptasi pada cara hidup juga lingkungan yang unik. Sifat autotrof yang dimiliki membuat tumbuhan tersebut selalu menempati posisi yang pertama pada rantai aliran energi melalui organisme hidup (Rantai Makanan). Tumbuhan ini memiliki sifat stasioner yang artinya tidak dapat berpindah tempat dengan sendirinya, walaupun beberapa alga hijau memiliki sifat motil atau mampu berpindah tempat karena memiliki flagelum.

Karena memiliki sifat yang pasif alias tidak dapat berpindah tempat maka tumbuhan harus beradaptasi secara fisik atas perubahan lingkungan juga gangguan yang terjadi padanya. Variasi morfologi tumbuhan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan lainnya. Selain itu juga dapat menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme untuk pertahanan hidup terhadap perubahan lingkungan atau serangan dari pengganggu. Pada tingkatan selular, dinding yang disusun dari selulosa, hemiselulosa dan pektin menjadi ciri khasnya, walaupun pada tumbuhan yang memiliki tingkatan yang sederhana yang kadang kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida dan vakuola yang besar yang seringkali mendominasi volume sel.

Agar lebih dapat memahami ciri ciri pada tumbuhan lebih rinci lagi, sobat dapat melihat ciri ciri tumbuhan pada keterangan di bawah ini:

Baca juga Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Ciri Ciri Tumbuhan

  1. Eukariotik, adalah organisme dengan sel yang kompleks, terdiri dari bahan-bahan genetika yang disusun menjadi nuklei yang terikat oleh membran).
  2. Multiseluler, artinya terdiri dari banyak sel.
  3. Mempunyai dinding sel yang tersusun dari selulosa.
  4. Mempunyai klorofil atau zat hijau pada daun, dan menyimpan cadangan makanan dalam bentuk pati.
  5. Mengalami pergiliran keturuan  dalam siklus hidupnya, mempunyai alat reproduksi multiseluler dan dapat mereproduksi secara seksual dan juga secara aseksual.
  6. Tumbuhan memliki sifat stasioner alias tidak dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dengan sendirinya, kecuali beberapa alga hijau yang memiliki sifat motil atau mampu berpindah karena memiliki flagelum.

Macam – macam tumbuhan



Seperti yang kita tahu, banyak sekali jenis jenis dan berbagai macam tumbuhan di dunia ini, jangankan di dunia, terkadang kita tidak tahu jenis jenis ataupun macam macam tumbuhan yang ada di sekitar kita, hehe hal tersebut karena saking banyaknya macam macam tumbuhan yang tumbuh disekitar kita, mulai dari tumbuhan sayur-sayuran, buah – buahan, tanaman atau tumbuhan yang bahkan dimanfaatkan untuk obat obatan, jenis jenis pepohonan, tumbuhan hias dan banyak lagi jenis jenis tumbuhan yang lainnya.

Pada setiap macam dan jenis tumbuhan tersebut memiliki habitat, manfaat serta memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Misalnya pada sayuran dan juga pada buah buahan, dimanfaatkan kandungan vitaminnya yang terdapat di dalamnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh setiap harinya. Sedangkan pada tanaman obat obatan dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai jenis penyakit.

Nah berikut ini adalah beberapa macam – macam dan ciri ciri tumbuhan yaitu sebagai berikut:

Tumbuhan Mahkota Dewa

pengertian tumbuhan - tumbuhan mahkota dewa
manfaat[.]co[.]id
Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tanaman obat asli dari Indonesia, berasal dari Papua. Tanaman jenis ini banyak sekali di manfaatkan sebagai obat yang berasal dari buah dan daunnya. Tumbuhan jenis ini memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  1. Mempunyai batang yang bulat dan memiliki warna coklat kehijauan pada kulitnya dengan warna putih yang terdapat pada bagian dalamnya, dan memiliki permukaan yang kasar.
  2. Daunnya mempunyai warna hijau tua yang menyirip dan memiliki tekstur permukaan yang licin.
  3. Memiliki bunga dengan ukuran yang kecil dan berwarna putih dan juga tanaman ini memiki aroma yang harum.
  4. Memiliki buah yang berbentuk bulat dan memiliki tekstur permukaan yang halus. Ketika masih muda buahnya memiliki warna hijau dan berubah menjadi merah ketika telah matang.
  5. Memiliki biji beracun dengan warna coklat yang berbentuk oval.

Tumbuhan Cabe




pengertian tumbuhan - tumbuhan cabai
kabartani[.]com
Tumbuhan cabai adalah jenis tanaman yang dipakai dalam berbagai jenis olahan makanan, tumbuhan cabai ini banyak di tanam dan di kembang biakkan oleh para petani, nah berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari tanaman cabai:

  1. Memiliki batang tanaman yang tegak lurus dan memiliki tinggi rata – rata 50 hingga 1 meter.
  2. Memiliki bentuk daun yang agak bulat dan juga oval dengan bagian ujung daun meruncing.
  3. Memiliki bentuk bunga yang keluar dan berada pada ketiak daun yang mempunyai kelopak bunga hingga sekitar 5 hingga 6 kelopak bunga.
  4. Buah dari cabai ini memiliki bentuk yang memanjang, pada cabe rawit memiliki panjang sekitar 1 hingga 5 cm dan memiliki warna hijau ketika masih muda kemudian berubah menjadi berwarna merah ketika sudah tua dan siap panen.

Tumbuhan Jahe

pengertian tumbuhan - tumbuhan jahe
mitalom[.]com
Tumbuhan jahe ini memiliki banyak sekali manfaat, selain itu juga banyak di sukai oleh banyak orang dan sering digunakan sebagai campuran dari berbagai jenis minuman, dari mulai wedang jahe, kopi jahe, susu jahe, the jahe (emang ada the jahe) dan aneka olahan jahe yang aneh lainnya.

Nah sobat sudah tau belum nih ciri ciri dari tumbuhan jahe, kalau belum tahu perlu sobat simak ya, biar nanti ketika mau buat susu jahe tidak keliru susu kunir kan jadinya agak sedikit aneh rasa yang dihasilkan hehe. Nah berikut ini adalah beberapa ciri ciri khas dari tumbuhan atau tanaman jahe ini:

  1. Tanaman rimpang dan memiliki bentuk seperti jemari yang mengembang pada ruas ruas pada bagian tengahnya.
  2. Memiliki rasa yang dominan pedas.
  3. Memiliki batang semu dengan tinggi bisa mencapai hingga 30 – 1 meter.
  4. Memiliki akar dengan bentuk rimpang dan berwarna kuning dan kemerahan pada daging akarnya.
  5. Mempunyai bau yang menyengat.
  6. Memiliki ciri daun yang menyirip dan memiliki panjang sekitar 15 hingga 23 cm.

Tumbuhan Pohon Jati




pengertian tumbuhan - Tumbuhan Pohon Jati
irisindonesia[.]com
Tumbuhan jati ini mempunyai manfaat yaitu sebagai zat pewarna alami, selain itu pohonnya juga memiliki banyak fungsi sebagai bahan untuk membuat furniture dan sebagai bahan kayu bakar, karena memiliki tektur kayu yang sangat kuat. Nah berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari tumbuhan pohon jati:

  1. Pada daunnya terdapat bulu yang halus.
  2. Daun tersebut akan mengeluarkan warna merah darah apabila kita meremasnya.
  3. Memiliki bentuk daun elips.
  4. Memiliki warna kayu kecoklatan, kuning ataupun coklat kemerahan.

Tumbuhan Kubis

pengertian tumbuhan - tumbuhan kubis
materipengetahuanumum[.]blogspot[.]co[.]id
Tumbuhan kubis ini merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran, tumbuhan kubis ini memiliki banyak sekali manfaat antara lain ialah dapat di manfaatkan untuk memperlancar sistem pencernaan, nah bagi sobat yang belum tau tumbuhan kubis ini berarti nggak pernah tau tuh apa sih kubis ini, padahal keterlaluan kalau nggak tau jenis tumbuhan yang satu ini hehe, berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari tumbuhan kubis ini, silahkan disimak ya bagi yang masih belum mengathui ciri cirinya:

  1. Pada tumbuhan kubis ini, memiliki bentuk daun yang susunan yang sangat rapat dan membentuk seperti bulatan.
  2. Warna daun kubis ini pada umumnya adalah berwarna hijau muda.

Tumbuhan Kaktus




pengertian tumbuhan - tumbuhan kaktus
pxhere[.]com
Tumbuhan kaktus ini adalah merupakan salah satu tumbuhan yang tahan terhadap panas terik matahari. Hal ini dikarenakan habitat dari tumbuhan ini memang berada pada tempat yang kering dan tandus, macam macam dan ciri ciri dari tumbuhan kaktus ini sangatlah banyak, nah berikut ini adalah beberapa saja dari ciri ciri khas tumbuhan kaktus ini yang mungkin perlu kita ketahui:

  1. Tumbuhan kaktus ini pada batangnya sangat tebal dan mengandung lapisan lilin.
  2. Dalam batang tumbuhan kaktus ini tersimpan kandungan air yang sangat banyak sebagai tempat penyimpanan cadangan air.
  3. Daun kaktus ini memiliki bentuk yang kecil dan memiliki duri.
  4. Tumbuhan kaktus memiliki akar yang sangat panjang, hal ini karena kaktus hidup dan tumbuh di tempat yang tandus.

Tumbuhan Bakau

pengertian tumbuhan - tumbuhan bakau
ilmugeografi[.]com
Tumbuhan bakau merupakan jenis tumbuhan yang dapat hidup di daerah pinggiran pantai, ciri ciri dari tumbuhan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akar tunjang yang berfungsi sebagai penopang tubuhnya dan untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitar pantai.
  2. Berfungsi untuk mencegah terjadinya abrasi
**REFERENSI**



Sumber : http://ilmuhutan.com/pengertian-tumbuhan-dan-ciri-ciri-tumbuhan/
sumber : http://belajarberkebun.com/macam-macam-tumbuhan-dan-ciri-cirinya.html

0 Response to "Pengertian Tumbuhan Lengkap Dengan Contoh Dan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel