Do’a agar anak menjadi anak yang sholeh, sholehah & sukses didunia dan akhirat

Agar Anak Menjadi Sholeh dan Sholehah - Mempunyai anak yang sholeh ataupun anak yang sholehah adalah impian semua orang tua, anak yang sholeh ataupun sholehah adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya, taat dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu anak yang sholeh juga tentunya ia akan menjadi anak yang penurut terhadap orang tuanya, tidak nakal dan cerdas dan rajin dalam agamanya, sehingga mendapatkan kesuksesan di dunia dan di akherat


Nah jika kita memiliki anak yang sholeh maupun dikaruniai anak yang sholehah maka kitalah sebagai orang tua yang juga akan menikmati hasilnya, oleh karenanya kita harus menanamkan nilai – nilai dan syariat agama islam kepada buah hati kita sejak dini, didiklah anak – anak kita menjadi anak yang mengerti akan ajaran Islam serta jangan lupa untuk mendo’akannya agar menjadi anak yang penurut dan pintar, serta menjadi anak yang sholeh ataupun menjadi anak yang sholehah.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan
Sebagai orang tua kita tentunya harus memohon dan berdo’a kepada sang Maha Kuasa, terus menerus untuk memohonkan anak kita menjadi anak yang sholeh ataupun sholehah kepada Allah SWT, agar mereka tumbuh menjadi anak – anak yang sukses di dunia dan di akhirat kelak. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda :

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَشَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ
Artinya :
“Tiga orang yang mustajab dan tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa musafir dan do’a orang yang di zholimi.” (HR. Abu Daud; hasan).
Sangatlah luar biasa do’a kedua orang tua terhadap anak – anak mereka. Jika kita sebagai orang tua dapat mendidik anak – anak kita menjadi anak – anak yang sholeh maupun sholehah, maka akan banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan oleh kita sebagai orang tua. Diantaranya yaitu dia akan berbakti selagi di dunia dan akan mengirimkan do’a kepada kita ketika telah tiada (meninggal), sebagaimana pada hadits berikut ini:
Artinya :
“Jika seorang hamba telah meninggal dunia maka terputuslah seluruh amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendo’akannya.” (HR. Muslim)
Nah bagi anda yang ingin mendo’akan agar anak – anak anda tidak nakal dan menjadi anak yang sholeh atau sholehah dan pintar, berikut ini akan di share beberapa do’a yang khusus dan InsyaAllah mujarab karena do’a ini diambil dari ayat suci Al-Qur’an dan Hadits Rosulullah SAW. Sebenarnya Anda juga dapat mendo’akan anak – anak anda dengan versi dan bahasa Anda sendiri asalkan mendo’akan secara baik tujuannya.

Baiklah langsung saja ya, berikut ini adalah kumpulan dari do’a – do’a agar anak – anak kita menjadi anak yang sholeh / sholehah dan menjadi anak yang pintar serta penurut terhadap kedua orang tua.

Do’a agar anak sholeh & sholehah

اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya :
“Ya Allah, jadikan anak – anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot. Ya Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Ya Allah berikan aku ridhomu di dunia dan di akhirat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan Syahadat dan ampunan.

Do’a agar anak bertaqwa kepada Allah SWT

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya :
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri – istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa.” (QS al-Furqon ayat 74)

Do’a memohon kebaikan untuk anak anak

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Artinya :
“Ya Allah, berikan kebaikan yang banyak pada anak – anakku, jagalah mereka dan jangan kau celakakan mereka. Karuniakanlah kami ketaatan mereka.”

Do’a supaya anak rajin sholat

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya :
“Ya Allah jadikanlah aku dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku.” (Surat Ibrahim ayat 40)

Do’a supaya anak cerdas dan sukses

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Artinya :
“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

Do’a memohon anak yang baik

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya :
“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau maha Pendengar do’a.” (Surat Ali ‘Imron Ayat 38 / Do’a Nabi Zakaria).

Do’a supaya anak berbakti kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Artinya :
“Ya Allah, berilah barokah untuk hamba pada anak – anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

    Do’a supaya anak pintar dalam belajar

    اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

    Artinya :
    “Ya Allah, penuhilah hati anak – anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba – hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”
    Selain membacakan do’a untuk anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah, tentunya kita juga jangan sampai melupakan  untuk mengajari dan mendidik mereka. Merupakan sebuah kewajiban bagi kedua orang tua untuk mendidik anak – anaknya supaya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, anak yang sholeh dan sholehah, pintar dan cerdas juga bergantung pada bagaimana orang tua mendidik. Nah bagimanakah cara untuk mendidik anak agar menjadi baik dan benar. Silahkan lanjut baca, anda bisa simak tips berikut ini:

    Mendidik anak supaya menjadi anak yang sholeh dan sholehah

    Sebaiknya hal yang pertama kali harus diperhatikan oleh kedua orang tua, jika ingin anaknya kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah, ialah memperhatikan makan dan minuman yang dikonsumsi atau nafkah untuk menghidupi sebuah keluarga. Bagaimanapun caranya carilah nafkah yang halal untuk menghidupi keluarga, agar mereka juga dapat memakan makanan yang halal dan jangan sekali kali untuk memakan ataupun meminum sesuatu yang syuhbat atau bahkan haram. Nabi Muhammad
    Artinya :
    “Setiap daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram, neraka lebih berhak baginya.”
    Kemudian, hendaknya kedua orang tua untuk senang dan cinta terhadap golongan orang – orang sholih, supaya anaknya dapat tertulari oleh orang – orang sholih tersebut.

    Jangan lupa untuk mendo’akan mereka, dengan do’a – do’a yang baik, seperti pada contoh do’a diatas. Dan jangan lupa untuk mengenalkan anak – anak kita kepada sang Maha Pencipta, Sang Maha Pengasih Allah SWT dan mendidik mereka sesuai dengan syariat Agama Islam.

    Penutup
    Semoga dengan adanya artikel ini membantu, namun jika Anda ingin melihat sumber artikel aslinya bisa melihat nya pada halaman ini

    0 Response to "Do’a agar anak menjadi anak yang sholeh, sholehah & sukses didunia dan akhirat"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel