1001 Keindahan Tentang Kota Malang Yang Mungkin Ingin Kamu Ketahui

malang - kota malang

Kota malang merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi jawa timur - Indonesia, kota malang adalah kota terbesar kedua yang ada di provinsi jawa timur, yang pertama ialah kota surabaya. Selain itu kota malang adalah sebuah kota terbesar ke 12 di Indonesia.

Kota malang ini di dirikan pada masa kerajaan dan teletak di dataran tinggi dengan luas 145 km persegi, yang terletak di tengah-tengah kabupaten malang. Bersanding dengan kota batu dan kabupaten malang, kota malang ini merupakan sebuah bagian kesatuan wilayah malang raya.

Kota malang juga dikenal dan dicap sebagai kota pendidikan, hal ini terjadi karena kota ini memiliki banyak perguruan tinggi terbaik seperti halnya UB, UNM, dan juga termasuk kota pariwisata, mengapa begitu, hal ini dikarenakan suguhan pemandangan alamnya yang sangat anggun dan menawan dan dikelilingi oleh pegunungan, selain keindahan alamnya, udaranya pun terasa sejuk.



Selain di sebut sebagai kota pendidikan dan kota yang kaya akan keindahan alamnya, kota malang juga terkenal dengan kota bunga, hal ini dikarenakn banyak sekali bunga yang menghiasi disetiap sudut kotanya, selain itu malang juga merupakan kota seni, karena banyak sekali kesenian yang khas di kota malang ini. antara lain seni yang terdapat di malang ialah seni pertunjukkan hingga tarian-tarian.

Penghuni kota malang ini juga berasal dari berbagai macam suku dan budaya, hal inilah yang membuatnya semakin unik dan kaya, antara lain suku yang mendiami kota malang ialah bermayoritas jawa namun juga terdapat suku madura.

Kota malang juga banyak menyimpan sebuah peninggalan bersejarah, antara lain ialah bangunan -bangunan kuno belanda dan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan, malag juga memiliki banyak sekali peninggalah bersejarah lainnya seperti yang saat ini menjadi markah tanah seperti Tugu Malang.

Asal Usul Nama Kota Malang

Hingga kini para peniliti masih melakukan penelitian terhadap asal usul nama kota malang, menurut hipotesis yang pertama ialah "Malangkucecwara" yang tertulis di dalam lambang kota itu merupakan sebuah nama bangunan suci yang terletak digunaung buring yang memiliki puncak bernama malang.




Hipotesis yang kedua ialah menduga banhwasanya letak sesungguhnya dari bangunan suci tersebut adalah terletak di daerah tumpang, adalah sebuah tempat yang berada di utara kota malang. Hingga kini di daerah tersebut masih terdapat sebuah desa yang memiliki nama Malangsuko.

Namun hipotesis - hipotesis terdahulu memiliki perbedaan dengan satu pendapat yang menduga bahwa nama Malang ialah berasal dari kata "membantah" atau "menghalang-halangi" yang dalam bahasa jawa memiliki arti "Malang". Hal ini karena ketika suatu hari Sunan Mataram yang bertujuan ingin meluaskan pengaruhnya ke Jawa Timur dan mencoba menduduki daerah malang ini namun rakyat membantah, dan sejak itu pula daerah tersebut bernama Malang.

Kota malang memiliki iklim tropis, Agama di kota malang ialah beragama Islam, kemudian diikuti dengan Kristen, protestan, katolik, hindu, buddha dan juga konghucu. Malang ini juga dikenal sebagai kota pendidikan keagamaan karena malang memiliki banyak sekali Pesantren yang terkenal ialah dikenal dengan pondok pesantren Al-Hikam pimpinan KH. Hasyim Muzadi, Pondok Hidayatullah, dan Pesantren Al-Huda tempatnya teman-teman saya juga ada di sana. dan juga dikota malang ini toleransi antar umat beragamanya cukup tinggi.

Bahasa Yang Digunakan dikota malang

Bahasa yang digunakan dikota malang merupakan bahasa resmi seperi Indonesia, namun bahasa Jawa dengan dialek khasnya yang di sebut dengan boso Walikan, ialah cara mengucapkan dengan cara dibalik, misalnya Malang menjadi Ngalam dllnya. awal mula dari bahasa ini ialah para pejuang yang ingin perbincangannya tidak di mengerti oleh para penjajah dahulu, namun hingga kini bahasa ini masih banyak digunakan dan berkembang hingga dikalangan komunitas keluarga dan di kehidupan sehari-hari.

Malang Sebagai Kota Wisata

Pariwisata di kota malang ini sangatlah luas sekali. pada tahun 2016 lalu jumlah wisatawan domestik di kota malang mencapai hingga hampir 4 juta, dan wisatawan mancanegara sekitar hampir 10 rb wisatawan, hal inilah yang membuat banyak sekali penyedia jasa travel malang yang menjadikannya lebih mudah untuk diakses. selain itu layanan travel untuk pariwisata di kota malang juga tersedia banyak diluaran kota malang saat ini misalnya saja jasa travel malang juanda yang memudahkan orang dari luar kota untuk pergi ke kota malang dan dapat menikmati keindahan pariwisata yang ada di kota pariwisata ini.

Kota Malang sebagai Kampung Wisata



Kota malang dikenal dengan kampung tematik yang bernuansa pedesaan yang khas yang paling terkenal ialah Kampung WIsata Jodipan, ituloh kampung yang memiliki banyak warna, hal ini menjadikannya tempat destinasi wisata favorit di kota malang, selain kampung yang memiliki banyak warna (kayak kehidupan saya yang penuh warna ini) ada juga kampung Tridi yang terletak di seberang Kampung Warna - Warni ini, dan terkenal dengan karya seni mural di dinding-dingdingya. dan tentu masih banyak lagi 1001 keindahannya yang tidak dapat saya ulas semuanya disini. In Syaa Allah akan saya lengkapi.

Malang sebagai kota berbudaya juga memiliki kampung kampung budaya, salah satunya ialah kampung budaya Polowijen, kampung ini dianggap sebagai kampung budaya dikarenakan banyak menyimpan berbagai jenis situs dan warisan budaya. Kampung ini juga memiliki perpustakaan yag unik yang terletak di gazebo, selain kampung budaya Polowijen malang juga memiliki kampung Topeng Malangan, pengunjung akan disambut dengan ratusan topeng dengan anekan warna topeng dan berbagai karakter yang ada ketika memasuki kampug tersebut.

Kuliner di Kota Malang

Selain kaya akan budaya Malang juga merupakan kota kuliner dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau, dalam perihal makanan ini kota malang juga dikenal memiliki banyk sekali warung yang sangat legendari, jadi nggak  hanya legend mobile alias mobile legend yang legendaris, jadi toko toko yang ada di malang juga legend juga loh, misalnya Toko Oen yang telah berdiri sejak 1930, Warung Tahu Telur Lonceng berdiri sejak 1900am, hingga membuatnya banyak disebut sebagai makanan zaman kolonial hingga milenial, dan juga Gerai Putu Lanang Celaket yang berdiri sejak 1935an.

Lingkungan Di Kota Malang

Kota malang merupakan salah satu kota dari lima kota degna udara terbersih di Asia. wuih keren kan sobat :v Taman kota malang dikenal bersih dan memiliki fasilitas bermanin sehingga malang mendapatkan predikat kota ramah anak. Taman terbesar di malang adalah alun alun merdeka dan alun alun tugu (Monumen Tugu Malang)

Nah itulah segelintir Tentang Kota Malang yang saya ketahui, entahlah mengapa kota ini terasa berbeda dari kota lainnya yang pernah saya diami, ya mungkin kota seblum kota malang yang saya diami adalah Surabaya, yang tentunya sangat berbeda dengan Malang (menurut saya), namun tetap saja saya masih cinta dengan alam yang ada di rumah saya sendiri (Jember) hehe

Oke sobat terima kasih atas kunjungan di blog saya, semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat, jika tidak bermanfaat harap di maklumi karena saya juga sebagai manusia biasa, jika ada sesuatu yang salah maka ma'afkan saya karena memaafkan dibalas Surga oleh Allah hehe In Syaa Allah. dan tinggalkan yang nggak manfaat ya.

0 Response to "1001 Keindahan Tentang Kota Malang Yang Mungkin Ingin Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel