Darimanakah Mendapatkan Ide Sebuah Blog


Ide dalam memulai membuat blog. Jika sobat bingung darimanakah sobat akan memulai dalam membuat blog, mungkin artikel ini akan dapat membantu sobat. Tentu saja apabila kita akan membuat sebuah blog, kita akan membutuhkan sebuah ide. Entah itu ide seperti blog jenis apakah yang kita buat? Akankah kita membuat blog hanya sekedar hobi nulis atau hobi bercerita atau bahkan kita berencana membuat blog sebagai sumber penghasilan.
Yaah tentu semua orang berbeda-beda tujuannya dalam memulai sebuah blog, ada yang hanya sekedar hobi, iseng atau mencari uang. Misalnya saya, ada beberapa tujuan saat saya membuat blog. Pertama hanya sekedar hobi, berbagi cerita dan bahkan mencari sumber penghasilan.
Nah beberapa blog yang saya bangun adalah ichsani.com sebuah blog yang saya gunakan untuk bercerita, iseng-iseng, review buku, juga promosi jualan. Selain blog iseng-iseng adapula blog yang lebih serius saya kelola, diantaranya ialah media.ichsani.com sebuah blog atau website berjenis toko online yang menjual aneka jenis buku, novel dll. Adapula store.ichsani.com yang sama seperti media.ichsani.com hanya saja jualannya tidak fokus pada satu produk.
Jadi sebenernya ada banyak sekali ide untuk membuat sebuah blog. Namun jika sobat masih bingung, berikut ini adalah beberapa ide dalam memulai sebuah blog.

Memulai Ide Blog dari Sebuah Hobi


Mengapa harus memulai dari hobi? Tentu saja jika kita melakukan sebuah pekerjaan, akan lebih mudah dan lebih menikmati apabila apa yang kita kerjakan sesuai dengan passion kita masing-masing. Hal ini tentunya akan berdampak positif atas apa yang kita lakukan. Misalnya kita akan lebih bersemangat, tidak tertekan dengan apa yang kita lakukan.
Misalnya hobi saya membaca buku atau novel, maka saya bisa membuat blog jualan buku atau blog review tentang buku-buku yang pernah saya baca.
Contoh kedua, misalnya saya suka programming atau sekedar berbagi tips dan trik. Maka saya bisa membuat blog yang isinya khusus tips dan trik. Seperti blog yang saya pakai ini misalnya.
Jika sobat menyukai fotografi, editing, design atau lainnya, sobat juga bisa membuat blog seputar apa yang sobat tekuni. Selain dari blog tersebut sobat bisa promosi dan mengenalkan apa yang sobat kerjakan otomatis sobat sudah berbagi pengetahuan secara gratis.
Dengan ngeblog sesuai dengan hobi maka kita tidak akan pernah merasa lelah atau bosan, karena apa yang kita lakukan merupakan sebuah hal yang kita sukai.

Memulai Ide Membangun Blog dari Pekerjaan Atau Keahlian Masing-Masing


Selain dari hobi atau kesukaan sobat, kita juga bisa memulai sebuah blog dari apa yang menjadi bidang pekerjaan kita. Misalnya sobat bekerja sebagai Koki memasak di sebuah restoran pribadi sobat. Maka sobat bisa membuat blog mengenai cara memasak dengan baik, tips dan trik seputar memasak masakan yang lezat, dll.
Contoh lain apabila sobat bekerja sebagai Akuntan. Sobat juga bisa berbagi bagaimana mamanage sebuah keuangan dengan baik. Dan contoh lain lagi apabila sobat ahli dalam bidang pengobatan, bisa pula sobat membuat blog seputar resep obat, jenis - jenis obat-obatan, cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena racun dll.
Tentu ini akan sangat berguna, selain bisa bermanfaat untuk orang lain untuk menambah ilmu pengetahuan mereka. Sobat bisa mendapatkan keuntungan dalam memiliki blog yang srsuai dengan pekerjaan sobat. Salah satunya sobat bisa terus upgrade pengetahuan sobat sendiri dan juga sobat bisa mendapatkan income dari blog yang sobat bangun. Hmm sangat bermanfaat bukan..

Dari Sebuah Bidang Yang Ingin Sobat Pelajari


Jadi menulis sebuah blog tidak melulu harus dari hobi, pekerjaan atau keahlian sobat. Tentu saja saat kita akan membangun sebuah blog kita bebas ingin membuat blog kita seperti apa. Dengan catatan blog yang kita bangun bisa bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain.
Membangun blog dari sebuah hal yang ingin kita pelajari adalah banyak sekali contohnya. Misalnya sobat sebagai ilmuan fisika, ipa atau teknologi. Sobat bisa membangun sebuah blog mengenai hasil dari penelitian yang sobat kerjakan. Tentunya tidak semua hasil penelitian sobat harus di publikasikan diblog, tidak perlu serta merta mempublikasikan hasil penelitian sobat yang telah susah payah melakukan penelitian.

Penutupan

Nah bagaimana sobat, apa sudah ada ide? Jangan terlalu tertekan pada apa yang saya tulis, sobat bisa mencari ide lainnya atau mengembangkan ide yang telah saya tulis.
Disini saya juga merupakan pemula yang masih belajar dalam dunia blogger, juga untuk melatih diri agar bisa menulis dengan baik.
Saya sendiri membuat blog, hanya iseng-iseng saja pengin buat blog, salah satunya blog ini dan satunya dengan alamat ichsani.com
Baiklah sobat, sekian dulu ya, terima kasih semoga bisa bermanfaat. 
Credit Gambar : pixabay

0 Response to "Darimanakah Mendapatkan Ide Sebuah Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel