Cara Instal Wordpress di Localhost Menggunakan XAMPP Mudah

Instal Wordpress Localhost - Hay sobat sudah lama ya nggak update rasanya, soalnya males sih mau update, kebanyakan web pula wkwkw. Ditambah sekarang lagi ada di Pesantren jadi agak tersita waktunya. Karena di hari saya lagi nggak ngapa-ngapain jadi saya akan sedikti berbagi cara Instalasi Wordpress di Localhost menggunakan XAMPP.

Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit keuntungan instalasi wordpress di localhost, salah satunya adalah untuk belajar sebelum ketingkat mahir dan membuat website secara online menggunakan wordpress. Selain itu dengan menginstal wordpress di Localhost sobat bisa belajar coding web dengan CMS Wordpress dengan tanpa menggunakan internet.

Nah untuk itu disini saya akan menjelaskan sedikit yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat. Tapi sebelumnya sebelum sobat memulai instalasi, siapkan terlebih dahulu aplikasi Xampp bisa didownload disini, dan juga download Wordpress disini.

Jika sudah sobat download, lanjutkan Instalasi Xampp nya caraanya sangat mudah kok. Setelah sudah di Instal, jalan kan aplikasi xampp nya. Kemudian start Apache dan MySQL nya seperti gambar dibawah ini


Jika sudah, silahkan pindahkan wordpress yang sudah sobat download tadi menuju Localdisk C -> Xampp -> Htdocs. Setelah itu extract, boleh direname foldernya, tapi untuk memudahkannya biarkan saja dengan nama defaultnya


Setelah selesai di extract, sebelum menginstalnya sobat harus membuat database dan user dulu agar Wordpress bisa di instal secara online di Xampp, caranya adalah buka tab browser sobat dan ketik http://localhost/dasboard -> kemudian pilih menu Php myadmin


Setelah masuk di PhpMyAdmin, silahkan buat database dengan nama yang sobat inginkan seperti gambar di bawah ini, dan kemudian klik buat.


Setelah selesai membuatnya, kemudian buka tab browser sobat kembali dan ketikkan di browser localhost/wordpress. Selanjutkan sobat akan di bawa ke menu instalasi, lanjutkan dengan menekan tombol Continue dan lanjutkan dengan klik menu Letsgo.



Setelah itu sobat akan diarahkan ke sebuah halaman untuk melengkapi data instalasi seperti nama database dan username. Isikan kolom database dengan nama database yang sobat buat di PhpMyAdmin. Dan isikan kolom username dengan root kemudian kolom password kosongi saja. kemudian lanjutkan dengan proses instalasi.



Setelah itu sobat akan di arahkan di halaman selanjutnya yang berfungsi mengisi judul, username, password dan email website yang dibuat diwordpress localhost


Nah sampai disini selesai sudah proses instalasi wordpress offlinenya, sobat bisa langsung login dengan username dan password yang telah sobat sebelumnya. Sampai disini dulu tutorial yang bisa saya bagikan, semoga lain kali bisa berbagi tips yang lebih bermanfaat.

0 Response to "Cara Instal Wordpress di Localhost Menggunakan XAMPP Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel