Pengertian Tumbuhan Kaktus Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya Bagi Manusia

pasberita.com

Pengertian Tumbuhan Kaktus – Kaktus merupakan sebuah nama yang diberikan kepada jenis tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tumbuhan kaktus ini bisa tumbuh meskipun tanpa air dengan rentang waktu yang cukup lama. Tumbuhan kaktus ini bisa di temukan dan dijumpai pada daerah – daerah yang kering atau gurun. Kaktus memiliki kata jamak yakni kakti.

Tumbuhan kaktus mempunyai akar yang begitu panjang, sehingga dapat menemukan air dan dapat memperlebar penyerapan air yang ada didalam tanah. Air yang diserap oleh kaktus kemudian akan disimpan atau ditampung didalam ruang yang terdapat didalam batang tumbuhan kaktus. Kaktus juga mempunyai bentuk daun yang bisa berubah menjadi duri, hal ini tentu dapat mengurangi atau meminimalisir penguapan air yang keluar melalui dahan daun. Hal inilah yang dapat memnyebabkan tumbuhan kaktus bisa tumbuh dengan waktu yang cukup lama tanpa adanya air.

Didunia ini hanya terdapat seperempat saja dari semua tumbuhan total spesies kaktus yang hidup di daerah gurun, kemudian sisanya hidup di daerah-daerah semi gurun, padang rumput kering, hutan meranggas dll. Pada umumnya tumbuhan ini hidup di daerah yang memiliki iklim tropi dan juga iklim subtropis.

Jenis-jenis Tumbuhan Kaktus 


Nah bagi sobat yang suka dengan tanaman, berikut ini adalah beberapa daftar jenis-jenis kaktus yang ada, monggo disimak ya sobat.


  • Kaktus Mini Ariocarpus, Kaktus hias jenis Ariocarpus ini tidak memiliki duri sama sekali pada tumbuhannya, memiliki bentuk daun yang prisma dan juga memiliki ujung yang melengkung, tumpul bahkan runcing. Kaktus jenis ini memiliki ukuran bunga yang besar dan hampir sama dengan ukuran batangnya dan juga mempunyai aneka jenis warna yang berbeda-beda
  • Kaktus Mini Astrophytum, Kaktus jenis ini memiliki bentuk yang menyerupai bintang atau buah belimbing. Warna bunga dari kaktus ini berwarna kuning, merah dan juga pink. Pada bagian batang kaktus ini memiliki bentuk yang sama dengan bola. Kaktus ini termasuk jenis kaktus yang mudah sekali untuk berbunga
  • Kaktus Mini Cereus Tetragonus, Jenis kaktus ini biasanya banyak di temui diperumahan, Kaktus jenis ini memiliki ukuran dan bentuk menjulang tinggi.
  • Kaktus Mini Cephalocereus Senilis, Kaktus jenis ini juga biasa disebut dengan kaktus orang tua. Hal ini dikarenakan seluruh tubuh kaktus ini dipenuhi dengan rambut yang panjang dan memiliki warna putih. Rambut yang tumbuh pada kaktus ini bisa tumbuh hingga 12 cm
  • Kaktus Mini Echinocactus Grusonii, Jenis kaktus ini memiliki bentuk seperti gentong
  • Kaktus Mini Echinofossulocactus, Kaktus ini terlihat ini karena batangnya memiliki warna hijau tua yang dikelilingi oleh duri yang cukup besar. Kaktus mini Echinofossulocactus merupakan jenis kaktus yang memiliki pertumbuhan yang lambat, bisa memakan waktu hingga 3 tahun untuk dapat mengeluarkan bunga.
  • Kaktus Mini Ferocactus, jenis kaktus ini memuliki penampilan yang menyeramkan bagi orang awam yang belum pernah mengetahui, namun sangat anggun di mata pecinta tanaman kaktus. Memiliki bentuk yang bula dengan batang yang berlekuk dan juga memiliki duri yang tumbuh secara acak pada tubuhnya.
  • Kaktus Mini Gymnocalycium, merupakan jenis kaktus yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah labu dengan tanduk untuk tempat tumbuhnya bunga.
  • Kaktus Mini Haworthia Attenuata, jenis kaktus ini biasa disebut dengan tanaman zebra dan lidah buaya mini. Kaktus jenis ini memiliki duri-duri yang kecil dibagian pinggir batangnya.
  • Kaktus Mini Lobivia Oganmaru,merupakan jenis kaktus yang cukup aneh bentuknya apabila dibandingkan dengan jenis kaktus mini lainnya. Memiliki bentuk batang yang tidak bulat atau memanjang tapi memiliki bentuk yang pipih. Jenis kaktus ini memiliki keunikan pada bagian ujung batangnya yang pipih, terdapat bagian lain yang memiliki warna kuning seperti jambul.

Jenis Penyakit yang Dapat Menyerang Tumbuhan Kaktus


idntimes.com

Tumbuhan kaktus juga bisa diserang oleh penyakit atau hama, hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai jenis bakteri dan cendawan yang menyerang tumbuhan kaktus. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan cendawan terhadap tumbuhan kaktus bisa menyebar dengan cepat, untuk menghentikan penyakit tersebut maka perlu di lakukannya pembuangan terhadap bagian tumbuhan kaktus yang terkena oleh infeksi dan kemudian dilakukan pencangkokan.

Jenis hama atau penyakit yang sering menyerang kaktus adalah hama tungau dan juga jenis kutu yang dapat menghisap cairan yang ada didalam tumbuhan kaktus. Selain disebabkan oleh hama atau bakteri, kerusakan atau penyakit yang terjadi terhadap tumbuhan kaktus juga bisa disebabkan oleh terbakarnya jaringan akibat terkena oleh sinar matahari.

Jika tumbuhan kaktus yang biasa hidup ditempat yang teduh kemudian secara mendadak dipindahkan ketempat yang panas atau terik maka akan menyebabkan tumbuhan kaktus tersebut secara langsung akan menimbulkan perubahan warna menjadi warna putih atau kecoklatan pada bagian yang terkena oleh sinar matahari.

Manfaat Tumbuhan Kaktus Bagi Manusia

harpersbazaar.co.id

Banyak sekali jenis tumbuhan kaktus yang dimanfaatkan khasiatnya oleh manusia sebagai salah satu jenis tumbuhan yang menghasilkan sumber makanan, salah satunya adalah opunita.Kaktus jenis ini banyak dimanfaatkan untuk diambil buah dan batangnya yang masih muda. 

Buah opunita banyak dimanfaatkan menjadi selai yang disebut dengan queso de tuna. Batang Opuntia yang biasa dikenal dengan nopalitos bisa dimanfaatkan juga yakni dengan dikuliti terlebih dahulu dan kemudian digoreng atau di kukus dan diolah menjadi bahan-bahan lainnya. Hingga saat ini opuntia masih banyak dimanfaatkan sebagai pakan untuk ternak, kosmetik dan juga berbagai jenis obat-obatan.

Saat ini berbagai jenis tumbuhan kaktus sudah mulai terancam punah, hal ini dikarenakan adanya perusakan habitat alami dari tumbuhan kaktus tersebut dan juga berbagai jenis eksplorasi yang berlebihan yang dilakukan oleh pihak manusia yang menyebabkan terancam punahnya tumbuhan kaktus tersebut.

Nah itulah sedikit info mengenai tumbuhan kaktus yang bisa saya bagikan untuk sobat semua, semoga bisa bermanfaat dan mohon ma’af atas segala kekurangan yang terjadi di dalam tulisan sederhana ini

0 Response to "Pengertian Tumbuhan Kaktus Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya Bagi Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel